Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 14, 2006

Berapa Hidup di Singapore secara Minimalis

Date: Thu Jul 8, 2004 8:29 am
Ketika seorang memutuskan untuk hidup ala kadarnya di Singapore, pertanyaan yang muncul adalah berapa "uang" yang harus disiapkan?. Kebetulan saya punya data actual hidup tinggal di sebuah apartemen. Rata-rata diperlukan sekitar Sing $ 1250 per bulan atau sekitar Rp. 7000.000 dengan kurs 1 dollar Rp. 5500

Hitungan ini hanya berdasarkan tagihan Listrik, Air Minum (air ledeng diminum langsung), sewa tukangsampah, internet dsb. Seorang lulusan perguruan Tinggi umumnya dibayar antara SIN $ 1600-$ 2000 sehingga kalau dihitung-hitung kerja di Singapore bakalan minus minus minus. Ini belum termasuk biaya MRT/BUS dan Handphone Bill.

Lalu bagaimana menyikapinya? apalagi pekerja dari Cina biasanya dibayar lebih murah (dan bisa Mandarin pisan). Celaka betul orang Indo yang cuma bisa Tauge, Taufu, Cintacai, Bajai dsb. Ya dengan sharing dengan teman-temannya. Misalnya dengan bertiga atau berempat sehingga mereka bisa lebih lega napasnya. Yangcelaka adalah yang sudah berkeluarga, dan tidak mungkin untuk sharing dengan teman.

Nah ini rahasia dapur. Tetapi kalau anda pingin tahu biaya minimalis para pelajar/mahasiswa yang tinggal di Singapore, saya punya excelnya. Boleh di order, siapa tahu ada keluarga yang berminat.

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com