Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 19, 2006

Nenekku Orang Sunda

Date: Fri Jul 8, 2005 3:30 pm

Buku Sekolah Dasar, nenek moyang Indonesia berasal dari Taiwan berdasarkan teori persamaan bangsa. Teorinya berdasarkan kesamaan ragam bahasa. Tapi akhli genetika (lho), malah berpendapat nenek moyang Indonesia adalah Orang Sunda, jadi kata Bimbo Bumi Sunda Parahiyangan terbentuk waktu Tuhan tersenyum, sebetulnya ada tambahanannya, asal muasal bangsa ini. Cuma Dataran Sunda yang disebut i ni sudah tenggelam pada saat es mencair.

Yang bicara ini bukan main-main, Prof Sangkot Marzuki, kalau seperti Bajaj Bajuri, Mahaf pok, bukan kagak percaya, tapi kalo ente bilang nenek moyang kita yang nenek-nenek itu berasal dari Taiwan 6000 tahun lalu, maka 10.000 tahun lalu Sunda Land adalah dataran yang padat penghuninya dan gludak-gluduk kayak kelinci.

Kepulauan Sunda kono ini menurut orang pinter tadi, meliputi Sumatra, Jawa dan Kalimantan. Buktinya dari data Oceanografi dan Geologi. Rupanya banjir sudah hopeng alias akrab dengan Bangsa Sunda tadi, tadi 14.000 tahun ada banjir dahsyat, lalu 12.500 tahun ada banjir lagi, dan 8000 tahun yang melibas habis seluruh daratan sehingga pecahlah persekutuan antara Jawa, Sumatera dan Kalimantan dan Benua Asia.

Setiap kali banjir datang, penghuni mengungsi ke daratan yang lebih tinggi demikian seterusnya sampai Madagaskar. Yang bikin saya napsu menukil masalah ini, prof Sangkot bilang, orang Taiwan itu justru asalnya dari Sunda sini. Supaya tidak dibilang "ngaco balau", maka ceritanya 4 tahun lalu ada sampel 3 suku yang dicek DNA-nya lho kok sampel orang Taiwan persis bener dengan DNA orang Toraja. Lalu untuk menyangga teori ini beberapa kuburan kono berumur 3500-5000 tahun dicek DNA-nya kok sama dengan DNA manusia Jawa saat ini.

Jadi lagu Nenek Moyangku Orang Pelaut (kebanjiran) ya nggak salah salah amat.

Dan buku pelajaran SD harus diganti lagi.

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com