Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 18, 2006

Judge Man from the (tally) Book

Wed Jun 22, 2005 12:28 am
PIPE TALLY - buku notesnya orang Rig

Perlengkapan perang paling khas orang Rig disamping coverall, sepatu boot berselaput baja diujungnya, lalu helm, sarug tangan polka dot, sumbat telinga dan kacamata plastik - masih ada satu lagi yaitu Tally Book. Buku notes ala tukang kredit rantang Tasikmalaya ini panjangnya sekitar 21 cm dengan lebar sekitar 8,5 cm dan tebalnya sekitar 1 cm ini, dipakai mencatat segala informasi yang penting di lapangan.

Dulunya tally book dikeluarkan oleh pihak yang memang pabriknya adalah pipa-pipa pemboran seperti DrillPipe, Drill Colar, Casing, Bit. Satu persatu pipa yang masuk kedalam lubang bor didata panjangnya sampai dua decimal, dicatat merek pembuatnya, Serial Number. Maksudnya kalau ada gangguan dilapangan, bisa segera diketahui inventaris barang penyebabnya serta "klaim" asuransi. Kalau tidak digunakan tally disisipkan disaku belakang.

Dekil makin sakti.

Sekalipun tidak ada relevansinya, tally book sering dikaitkan dengan bonafiditas perusahaan. Tapi itu cuma berlaku bagi pemegang mahzab "Judge The Book From Tally Book" - Biasanya warna sampul di samakan dengan warna favorit perusahaan. Makin banyak informasi yang ditulis disitu, maka nilai buku semakin penting sekalipun sudah semakin lecek penampilannya.

Tally Book juga bisa berubah menjadi Magic Book, terutama ketika kita hendak membujuk pekerja lain membantu pekerjaan kita. Misalnya memanjat rig. Atau pasang alat yang selain butuh kekuatan juga mental tidak takut ketinggian. Orang bule umumnya tidak perduli kalau ada pekerja lain yang mengalami masalah, pasalnya mereka juga sibuk. Namun TB memainkan peranan penting sebagai barang penuh mukjizat. Bisa mengubah kata "Not my problem" menjadi "Cool Mate" - yang artinya No Problem. Celakanya giliran kita tidak bawa Tally Book mereka enteng saja bilang "Tight Ass Company" - saking meditnya sampai ke kotoranpun dikeluarkannya masih di encrit-encrit agar tidak mbrojol semua.

Namun dengan adanya program spread sheet, fungsi tally book bergeser peranannya sebagai pengganti kertas orek-orek. Sekalipun demikian pemakaian Tally Book belum bergeser sepenuhnya.

Barter.

Rumput seberang pagar selalu lebih hijau, begitu kata pepatah. Maka para pekerja non Rig seperti pihak cleaning service, catering kepingin juga bergaya ala orang rig. Maklum seragam mereka selama di rig ya seperti baju para koki, topi juga terbuat dari bahan katun yang tugasnya bukan melindungi kepala dari benturan benda keras melainkan melindungi makanan dari rontoknya rambut, dandruf mungkin kutu.

Mungkin pihak catering melihat pakaian Coverall penuh kantung disana sini, belum lagi strip metalik yang disematkan dilengan sehingga nampak mencorong bila saat gelap lalu tertimpa sinar, maka sekalipun lebih banyak penampakan dekilnya bak montir obil pinggir jalan, - sehingga tidak heran ada yang ajak barter sesuatu dengan coverall.

Padahal saya melihat pak Catering dengan seragam putih cekatan mengiris daging, membentuk adonan menjadi roti - sepertinya enak betul. Karena badan saya paling pendek (tapi tua lhoo), akhirnya beberapa pihak catering sering "nggelembuk" saya nadanya minta "one spare your Tally Book" - persoalannya sekarang, kalau satu dikasih, cerita akan menjalar kian kemari.

Akibatnya tiap bulan perusahaan harus kirim Tally Book ke Rig. Dalam salah satu pesanan dari lapangan ditulis catatan kaki "to ask rig hand, do what they do not want to do" - Barang order yang juga sering menimbulkan kerut petinggi kantorku adalah CD kosong. Tiap bulan order buat satu rig minimal 50 keping. Padahal satu sumur dengan kedalaman 5000 meter, database yang diperlukan cuma sekeping CD. Lha yang 49 lainnya beredar diantara Rig-Hand.

Tapi ya itu tadi, praktek tukar menukar MP3 dari IPOD ke CD ya meluas juga di Australia, sekalipun diluar rig termasuk illegal. Cara mintanyapun halus. "Mate do you sell blank CD" - kalau sudah gini, paling yang dimintai cuma bisa bilang MTT (Mathuk Mathuk Thok), dan bilang "come to my office" - dan persahabatan bisa terjalin dari sini.

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com