Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 19, 2006

Hadiah Penggaris

Date: Fri Dec 9, 2005 1:29 am

Hadiah ulang tahun sebuah penggaris?

Apa nggak salah ? Ini dahsyat mengingat penggaris adalah benda yang "tidak masuk hitungan" untuk diberikan kepada anak, kecuali memang saat masuk sekolah. Sang pemberi hadiah, ayah bocah ini tidak lupa menulis pesan "mistar adalah pengukur jarak, juga mengukur derajat kejujuran manusia. Jadikan hidupmu lurus seperti penggaris. Sebab bila kamu bengkok (tidak jujur) maka anak-anakmu akan mudah melihatnya setiap saat."

Anak tersebut, dikemudian hari menjadi dokter hewan kenamaan. Acaranya digemari karena ia berpraktek dari satu peternakan anjing, ular, biawak, iguana sampai ke peternakan Unta sambil mengobati pasien-pasiennya dengan penuh kasih sayang. Dr. Harry Cooper, sekarang merupakan orang nomor 4 dipercayai oleh publik Australia.

Saya punya famili, gelarnya mentereng dan metenteng, DOKTOR hewan pada universitas di kawasan Jawa Timur, waktu kambingku di Citayam kena scabies alias gudikan, saya SLJJ dia mohon konsultasi, dan nasihatnya obati pakai minyak-jelantah… Apa nggak ajaib, sebab ujung kalimatnya kambing dibeleh dan digoreng pakai jelantah, lebih sip, habis perkara. Dia ngebodor, anak kecil juga tahu.

Kampiun dalam poll orang paling dipercaya publik Australia adalah Doktor Fiona Wood dalam dedikasinya menyembuhkan pasien luka bakar kasus bom Bali 2005. Ia menemukan obat "spray" – jadi begitu kena luka bakar jangan cari "mertego" maupun oli maupun odol, cukup di-ecrot maka luka mengering dan rasa sensasi terbakar berkurang.

Tapi bukan itu saja yang bikin dia masuk koran, pasalnya dari sejak gadis, ibu dokter anak satu ini memang telaten, gemathi terhadap pasiennya. Setiap pasien datang, adalah inspirasi bagiku, katanya dalam sebuah wawancara. Yang publik Indo tahu terutama generasi "kolot" seperti saya adalah Olivia Newton John, penyanyi yang top dalam filem Kathmandu dan Grease ini terkena kanker payudara, sembuh dan sekarang gantian gerilya memerangi kanker dengan mendirikan lembaga kanker dan tak henti-hentinya mengumpulkan dana (dan menyumbang juga dia) kepada lembaga yang dibinanya.

Steve Irwin pawang buaya yang terkenal senyum lebarnya justru menduduki posisi 51, karena kesalahan "kecil" membawa anaknya kekolam buaya sehingga mengundang kekuatiran pengunjung kebun binatang saat itu. Perbuatannya dianggap menimbukan horror pengunjung. Padahal orang percaya akan dedikasinya melindungi alam, satwa tidak perlu dipersoalkan.

John Howard hanya menduduki posisi ke 85, Howard dinilai oleh Pease seorang ahli bahasa tubuh sebagai pribadi yang agresive, lihat saja di TV bagaimana bentuk bibirnya dan caranya bicara.

Cekak aos dari pooling yang melibatkan 1502 responden adalah "senyumlah dengan tulus.." maka anda akan nampak fitri seperti bayi baru lahir. Bayi selalu tersenyum sekalipun matanya masih buta, dan belum mengenali sekelilingnya. Mereka tersenyum sebab hatinya masih polos.

Profesi paling dipercaya di Osie
Profesi sebagai paramedik menempati posisi pertama sebagai posisi paling dipercayai, kedua adalah petugas branwijr. Politisi ternyata hanya menduduki tempat paling bontot ke 30 alias tidak dipercaya ucapannya, sedangkan kepolisian (Australia), menempati ke 9. Ulama menduduki posisi ke-16.

Perusahaan paling dipercaya di Osie
Penerbangan Qantas, Bank- St Georges Bank, Computer-HP, Kartu Kredit Visa, HP Nokia, Softdrink Schweppes, Elektronik Sony-tapi bicara music mereka IPOD, Pasta Gigi Colgate, Obat Panadol, Mobil Mercy (aspirational) tetapi mereka lebih suka membeli Toyota dari segi ekonomi dan praktis.

(Mimbar SEPUTRO)

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com