Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 18, 2006

Jampang sebetulnya encokan

Ternyata jawara Betawi macam bang Jampang, bang Pitung, Rausin cuma takut dengan Encok, setidaknya demikian dalam pandangan saya. Kalau melihat tokoh komik karangan Ganes Th, misalnya, maka tokoh jawara silat selain berkumistebal, juga bergelang akar bahar. Padahal cuma orang yang terkena "pegel linu " yang menggunakan tanaman lautsejenis koral ini. Menurut "myth" karena koral ini tumbuh di dasar laut, maka tumbuh "zat" yang mampu menghangatkan binatang koral ini dari suhu laut yang dingin. Tapi kalau koralnya manusia macam kita. Lho salah kaprah terjadi lagi dimana belakangan penggunaan akar bahar diadopsi para Satpam di Priok sebagai sarana menambah "garang" penampilan.
Sakit tapi bangga, barangkali mottonya.

DILARANG MASUK STRALI....

Waktu di Darwin Northern Territory, saya baru "ngeh" bahwa akar bahar adalah koral yang dilindungi. Maksudnya kalau anda kedapatan membawa atau memakai barang ini maka pihak kastum Australia siap menyuguhkan anda formulir denda220 dollar, atau langsung ditilang dengan ancaman 10 tahun penjara atau 60000 dollar (enam puluh ribu dollar Australia). Kagak main-main ancamannya Bouw!

Masih satu "ngeh" lagi, raket nyamuk elektronik, yang jadi mainan sehari-hari kita dirumah. Di sana dianggap barang berbahaya. Dan tak ayal barang yang bisa menimbulkan kesenangan para pembunuh dengan mendengarkan bunyi pletak-pletik lalu bau sangit daging terbakar ini terlarang pula masuk ke negeri Kangguru ini. Dan saya yakin, kelak daftar larangan ini akan bertambah.

Darwin April 2005

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com