Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 19, 2006

Cedera Panggul

Date: Fri Jul 1, 2005 8:44 am

Pekerja Rig Pengeboran umumnya "fitness" sambil bekerja. Contohnya sebuah alat penjepit pipa bor yang dinamakan "slip" beratnya minimal 40 kilogram. Kalau alat ini dipakai dalam operasi cabut-masuk pipa bor, bisa 12 jam mereka angkat-junjung peralatan ini. Belum lagi naik tangga yang secara vertikal tingginya 25 meter, namun dibuat berliku-liku sehingga total bisa mencapai 40 meter tiap hari. Pendeknya badan mereka biasanya kekar dan berotot makannya yang saya lihat sama dengan menu beruang kutub sedang nyusui. Penuh protein.

Sekalipun demikian ada catatan tim medikasi penyebab mundurnya kinerja pekerja rig adalah cedera otot. Contohnya seorang pekerja tinggi besar mengangkat kotak seberat 30 kilo. Waktu angkat "baek-baek" saja, sesudahnya "dia tereak setinggi langit" lantaran tulang pinggulnya linu
dan setelah diperiksa dokter salah satu bagian "disc"nya bergeser. Bukankah kita pernah sambil nyetir mau ambil peta atau apalah yang biasanya ditaruh di kursi belakang, lalu "mak au" ada sengatan kuat dibahu atau pinggang kita.

Cedera.
Kadang gerakan yang simple-simple saja sudah mengakibatkan kita menghentikan aktivitas dan cari tukang urut. Lha kalau di tempat kerja nan jauh dimato? ada vibrator kenceng namanya shale-shaker. Dengan suhu lumpur 70derajat C, sudah jadi sauna dari uap perut bumi.

Inilah yang meresahkan pemerintah Osie. Lalu dibentuk tim anti teror salah-urat - kesimpulannya, kurangnya stretching alias peregangan sebagai penyebab Pekerja Mencederai Diri Sendiri alias "hurting themself" Kalau cuma masalah streching jelas, isue basi, kata sementara orang. Atau seperti iklan "anak kecil juga tahu" - sayangnya tapi orang dewasa tahu namun tidak mempraktekannya.

PANGGIL KONSULTAN

Maka datanglah Kinsley dari Kingsley Consultant ke rig pengeboran.

Mula-mulai pekerja "off-tour" diminta saling berhadapan muka, lalu satu sama lain saling dorong "di-julak, Palembang). Ditanya apa reaksinya, setelah proses mendorong dan didorong? eh masih belum "ngeh". Lalu proses mendorong dan dorong dari samping, apa reaksinya ?, masih "ngoh"

Baru pria berambut gondrong dan gemukan ini, Kingsley yang foto di Internetnya masih langsing mengatakan coba sekarang dirasakan adakah tekanan bagiang pinggang, "Oh hiya, ya hiya' ini gaya penuturan Hasmi pencipta komik Gundala. Lalu peserta diminta menaikkan kaki ke kursi sambil mencoba memegang jempol. Nah ini baru ngeh, ada yang bagian belakang paha "hamstring" yang seperti arep-pedot-pedote (seperti mau putus gawat).

Dan setelah peserta diminta berdiri pada nggeremeng "hiya-ya, kakiku rasanya panjang sebelah"

Inilah cara Kingsley meyakinkan peserta yang semula seperti skeptis "sudah tahu kok diajari" menjadi "ngeh" - bahwa tanpa disadari kita melakukan gerakan yang sebetulnya sang otot sendiri belum siap pakai. Inilah yang terjadi pada pekerja rig yang perkasa itu. Seringnya bangun tidur, sarapan dan langsung kerja. Celakanya beberapa cedera dari keluhan salah urat sambil pijat-pijat sendiri sampai harus meninggalkan tugas.

Kalau disini nyalahin "salah bantal nih gue semalam.."

Kesimpulan Kingsley, para pendaki gunung, atau orang yang tinggal dipegunungan secara alamiah harus membawa beban dibelakangnya, umumnya memiliki tulang punggung yang kuat. Hamstring yang digdaya. Namun karena gunung terlalu jauh, maka latihan semenit dua bisa menjauhkan kita dari cedera.

Mimbar Saputro
Northern Territory
29 Juni 2005

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com