Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 20, 2006

Bosun

Date: Sun Feb 5, 2006 12:51 am

Bosun boleh dibilang Balita, tapi lagaknya minta ampun. Kalau makan selalu minta disediakan garpu dan sendok dan sudah pasti tidak pernah membereskan piring dimejanya. Perbuatannya ini justru sangat membanggakan ayah angkatnya David Cornish 45, yang memiliki badan kekar hingga dijuluki bulldog karena memang dulunya ia petinju kelas berat yang beralih pekerjaan menjadi kapten kapal penangkap ikan KA-MAR-On.

Anjing usia 6 bulan peranakan Rhodesia ini memang memiliki hak istimewa, boleh tidur seranjang dengan David, malampun ia mempunyai bantal sendiri. Padahal umumnya anjing sebaya Bosun, giginya masih gatal untuk merusak dan merobek-robek barang sekitarnya. Tapi gara-gara Bosun, David terkendala masalah dengan pihak Karantina Australia.

Suatu hari pria dengan bobot 120 kilogram terlibat pertengkaran mulut dengan petugas karantina Darwin lantaran ia kedapatan membawa anjing di kapalnya. Rupa-rupanya saat kapal David berlabuh di pelabuhan Darwin untuk suatu keperluan. Lalu petugas karantina memergoki mereka yang terdaftar baru beberapa waktu bertolak dari pelabuhan di Indonesia. Nah mendengar kata Indonesia, berdirilah telinga petugas karantina, masuk gigi "alert satu" lantaran mahluk hidup dari negeri yang selalu digemborkan bak alien pembawa penyakit. Belum tahu dia kalau bakso, ikan asin, ikan
basah dan bakmi saja di formaldehidakan agar jauh jamur.

Melihat ada seekor anjing coklat berusia 6 bulan asal Rhodesia, guguk tadi langsung dikerangkeng untuk di eutanasia. Dulu eutanasia, saya pikir nama lagu Ambon yang riang. Seperti merasakan firasat, Bosun menjadi gelisah ketika akan dikerangkeng. Inilah yang membuat David darah tinggi.

Harga kapal saya 300.000 dolar masih bisa saya relakan kalau mau disita, tapi kalau sampai mau memusnahkan Bosun saya pasang badan menghadapi siapa saja, geram David Bulldog.

Kapal KA-MAR-ON disita oleh pihak pelabuhan dan dilarang berlayar di laut Australia. Maka satu-satunya pilihan adalah kapal berlayar balik ke Indonesia. Pepatah anjing adalah sahabat manusia paling setia didunia ternyata berbalas.

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com