News

Loading...

Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 18, 2006

Ozzie banyak tidur

Orang Ozie terkenal doyan tidur. Menurut survey, orang Australia tergolong bangsa yang suka tidur. Minimal jam 10 malam mereka sudah jadi "manuk engkuk". Ditengarai pula bahwa mereka rata-rata menghabiskan waktu tidur paling tidak 9 jam sehari. Tidak heran kalau dalam bekerja terkesan nyantai, sekalipun diselimuti kata-kata indah "selamat itu indah" - Dan itu tidak main-main, dalam penerbangan menuju Rig, mulai dari pesawat charter semua barang termasuk laptop, kamera, handphone sudah harus masuk bagasi.

Dan barang serupa kamera atau handphone disita sementara oleh petugas yang berwewenang, saat mulai datang dan diberikan saat waktu pergantian crew baru. Orang Australia penganut mahsab bahwa Handphone, Digital Camera adalah musuh sebab memiliki kemampuan menimbulkan api, terutama saat pengisian bahan bakan helikopter dsb. Jangan harap korek api bisa lolos ikut kantung. Semua barang tanpa ampun masuk bagasi.

Yang sulit adalah saya, sebab Handphone bagi saya sudah merupakan office kecil, mulai dari nomor kartu kredit, tilpun, bank account semua saya simpan dalamhandphone. Bahkan untuk alarm bangunpun saya sangat bergantung dengan peralatan ini. Untunglah setelah dilakukan pendekatan dengan alsan "simcard saya kan Indonesia, manabisa tahan dipasang di Australia," Sebuah kebohongan besar, sebab telkomsel saya berjaya saja di Australia, jangan dibalik. SimCard Australia langsung "lesu buyung" sesampai di Indonesia. Seperti iklan. Bahkan untuk membayar Internet, Kartu Kredit, Listrik dll saya biasa mentransfer uang dari BCA hanya melalui Mobile Telephone. Dan ini sudah berlangsung lama sekali. Untuk soal transfer mentransfer BCA emang kampiun (iklan lagi Neeeh)

Untuk mengatasi kebosanan para pekerja rig pengeboran, lepas pantai terutama, pas giliran istirahat selain disediakan ruang olah raga yang lengkap, disertai chart bagaimana alat-alat tersebut seyogyanya dipakai maka tidak ketinggalan komputer game macam Playstation dan internet. Bagi yang kangen keluarga, tersedia tilpun lokal gratis. Sementara yang memiliki keluarga di belahan dunia lain, bisa memanfaatkan kartu call ala "day break" yang dengan 10 dollar sudah bisa bicara dengan keluarga sak-kemenge. Komputer berinternet biasanya berada diujung kamar. Dan gratis 24 jam terhubung internet.

Yang menarik adalah pemberitahuan bahwa "Komputer ini hanya untu rekreasi dalam bentuk Email, dan dilarang digunakan untuk bekerja" Akibatnya komputer hanya diisi dengan Windows XP termasuk Internet Explorernya. Tidak akan ditemukan program lain seperti Microsoft Office. Peringatan lain adalah "jaga eksitement kalian agar tidak sampai mengganggupekerja yang tidur" Dengan gaya peringatan ala anak kecil, tidak heran ruang internet disebut sebagai "Kid Corner" - padahal tak seorang anakpun bisa ditemukan disana.

Satu lagi, perokok rada dimusuhi berat disini sehingga ruangan dalam rig selalu berbau harum. Merokok diruang makan, diruang Filem, bisa bakalan kena peringatan keras. Bahkan meninggalkan gelas dalam ruang rekreasi bisa bikin masalah.

Date: Tue Apr 12, 2005 11:40 pm

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My Photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com