Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 18, 2006

Binus semula berasal dari kursus komputer

Sat Feb 26, 2005 9:13 am Subject: Dari kursus terbitlah BINUS

Awal keberadaan saya di Grogol tahun 1978-an saat teknologi komputer masih berkutat dalam bahasa Basic, Cobol, Fortran maka diujung jalan dr. Makaliwe, Grogol, muncul kursus komputer yang dikelola oleh keluarga Wibowo. Saat kursus dibuka secara kecil-kecilan, lalu mulai mencari letak yang sedikit strategis, sampai akhirnya kursus ini seperti tenggelam. Padahal sebetulnya mereka sudah bermetamorfosa menjadi sebuah Universitas yang kita kenal sekarang sebagai Bina Nusantara. Tidak pernah ada yang menyangka bahwa pak Wibowo yang kebetulan mempunyai puteri sangat kompeten dalam dunia komputer saat itu. Putri ini kelak dikenal sebagai ibu Th. Widya (alm). Agak sulit saya mengorek sisi kehidupan keluarga Wibowo ini. Umumnya hanya mengenal sebagai pribadi yang religius dan "low profile".

Pada 24 Desember 2004, saya baca di harian Kompas bahwa salah satu pendiri Binus dan Rektor yang saya anggap legendaris, Widya, tutup usia 54 tahun. Saya tidak mengenalnya secara pribadi namun tahu bahwa keluarga asal Grogol ini menggores sejarah dunia perkomputeran di Indonesia. Dunia pendidikan kehilangan seorang tokoh.

Padahal tempat dimana ia buka kursus Modern Computer Course lokasinya dipercaya hanya hokie untuk urusan ikan dan percetakan. Ternyata betul juga pendapat paranormal Geomanchi, keluarga Wibowo berhasil menjadi percetakan "sarjana komputer".

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com