Pengaman Mobil - jenis Pedal - salah pasang arwah terpental...
3/2/2006
Kita bicara pengaman mobil anti maling, yang dipasang antara pedal dengan roda stir. Kalau anda beli pengaman sejenis ini, maka hampir bisa dipastikan cara pemakaiannya tidak jelas dan ini mengundang bahaya. Hanya dikatakan, kaitkan salah satu kakinya ke pedal rem atau kopling, sementara ujung yang lain ke roda stir.
Kaitkan ke Pedal Kopling atau Rem apaan?
Posisi rumah kami di Citayam berada sekitar 10 meteran di bawah jalan Raya Citayam. Untuk mengakses kerumah saya terpaksa membuat jalanan semen sepanjang 20 meter, melewati sebuah saluran irigasi mini. Saat itu jembatan membelah saluran irigasi menuju rumah sedang di perbaiki akibat terjangan banjir. Kijang terpaksa diparkir agak jauh dari rumah dengan posisi menurun. Sebagai pengaman tentu saja dipasang kunci stang stir. Tak lupa balok kayu untuk ganjal ban.
Pagi-pagi mobil distart, masuk perseneling mundur. Maksudnya langsung "mundur-naik" ke jalanan aspal. Karena rumput basah terkena hujan, ban kepater-mbegegek di tanah humus yang empuk nyemek. Sialnya saat gas dilepas, mobil malahan menuruni tebing. Baru nyadar, pengait masih terkunci antara rem dan stir. Ya panik sesaat, ada kebiasaan yang tidak biasa.
Perlahan tapi pasti mobil berencana berenang kedalam saluran irigasi. Rem tangan ditarik tetapi mobil keburu sudah meluncur. Bala tentara yang ada sekitar saya langsung menahan lajunya kendaraan. Saya dan mobil selamat. Dua tahun berlalu, tetapi kalau terlintas peristiwa tersebut bergidik bulu roma-ku.
Memasang pengaman mobil jenis pedal begini mempunyai kelemahan. Lantaran dosis pakainya masih rancu. Bisa dipasang di "brake" rem atau "clutch" - kopeling. - Lha kalau sudah keteledoran seperti saya, apa tidak jadi kepikiran bang Toyib, Sampai 3 kali lebaran 3 kali puasa.
Kedua kalau mobil dipinjam seseorang. Pastikan mereka tahu cara memasangnya. Saya memberi tulisan "Pasang di Kopling" - Atau lebih aman, gunakan yang mengait dari roda stir ke dashboard. Selain mudah pemasangannya kemungkinan salah lebih kecil.
Tapi kembali lagi, kita sudah terlanjur paranoid. Sudah dipasangi alarm, dipasang switch yang mematikan aliran listrik, pakai kunci stang-stir, pakai kunci stang-pedal.
Kita bicara pengaman mobil anti maling, yang dipasang antara pedal dengan roda stir. Kalau anda beli pengaman sejenis ini, maka hampir bisa dipastikan cara pemakaiannya tidak jelas dan ini mengundang bahaya. Hanya dikatakan, kaitkan salah satu kakinya ke pedal rem atau kopling, sementara ujung yang lain ke roda stir.
Kaitkan ke Pedal Kopling atau Rem apaan?
Posisi rumah kami di Citayam berada sekitar 10 meteran di bawah jalan Raya Citayam. Untuk mengakses kerumah saya terpaksa membuat jalanan semen sepanjang 20 meter, melewati sebuah saluran irigasi mini. Saat itu jembatan membelah saluran irigasi menuju rumah sedang di perbaiki akibat terjangan banjir. Kijang terpaksa diparkir agak jauh dari rumah dengan posisi menurun. Sebagai pengaman tentu saja dipasang kunci stang stir. Tak lupa balok kayu untuk ganjal ban.
Pagi-pagi mobil distart, masuk perseneling mundur. Maksudnya langsung "mundur-naik" ke jalanan aspal. Karena rumput basah terkena hujan, ban kepater-mbegegek di tanah humus yang empuk nyemek. Sialnya saat gas dilepas, mobil malahan menuruni tebing. Baru nyadar, pengait masih terkunci antara rem dan stir. Ya panik sesaat, ada kebiasaan yang tidak biasa.
Perlahan tapi pasti mobil berencana berenang kedalam saluran irigasi. Rem tangan ditarik tetapi mobil keburu sudah meluncur. Bala tentara yang ada sekitar saya langsung menahan lajunya kendaraan. Saya dan mobil selamat. Dua tahun berlalu, tetapi kalau terlintas peristiwa tersebut bergidik bulu roma-ku.
Memasang pengaman mobil jenis pedal begini mempunyai kelemahan. Lantaran dosis pakainya masih rancu. Bisa dipasang di "brake" rem atau "clutch" - kopeling. - Lha kalau sudah keteledoran seperti saya, apa tidak jadi kepikiran bang Toyib, Sampai 3 kali lebaran 3 kali puasa.
Kedua kalau mobil dipinjam seseorang. Pastikan mereka tahu cara memasangnya. Saya memberi tulisan "Pasang di Kopling" - Atau lebih aman, gunakan yang mengait dari roda stir ke dashboard. Selain mudah pemasangannya kemungkinan salah lebih kecil.
Tapi kembali lagi, kita sudah terlanjur paranoid. Sudah dipasangi alarm, dipasang switch yang mematikan aliran listrik, pakai kunci stang-stir, pakai kunci stang-pedal.
Comments