Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 20, 2006

Tea and Character

2/20/2006

Orang Jawa punya pakem soal teh, harus nas-gi-tel. Panas, manis dan kental. Boleh jadi maksudnya ganda minum teh disertai sang penyeduh yang kental-kenthul, rautnya manis, pakaiannya hangat-hangat panas. Apalagi minumnya dibarengi suara "eeh" - sehingga kata aselinya "te" dalam bahasa mandarin menjadi "teH" dengan hurup H, dicetak arial-bold-12-font. Tapi bagi orang perusahaan Sariwangi, seperti Maya, cerita teh dikembangkan ala lakon carangan (non pakem), diaduk dengan bumbu berupa ramalan. Jadilah komposisi sedap lalu diharapkan mengatrol penjualan. Beberapa restoran cina di Houston, Singapore mengakhiri hidangan dengan fortune-cake, kuwe manis berisikan kertas ramalan. Dan orang suka sekali membacanya.

Alkisah kalau ada 4 rasa teh terhidang lantas anda diminta memilih satu dari menunya, bisa jadi pribadi anda sedang dipindai (scan).

Lemon-Tea.
Bau lemon "cum" rasa jeruk masam segar bergelut dengan bau teh rasanya membuat kantuk hilang seketika, jadi "teges" alias bergas. Tidak heran penggemar teh ini datang dari orang yang energik, kreatip, suka mencoba hal-hal baru, petualangan dan expresif.

Contohnya baru saja pakai "ape" Ipaq, misih kurang puas ganti "ape" N9500, misih belum sreg, pencet Ozone, eh kok sudah kedapatan "nggelesot" di gerai ITC Roxy Mas ngejajal "ape" RAZR - yang konon mendapat penghargaan the best ape". Ini ganti "ape" apa channel TV Man!

Jangan-jangan manusia LemonTea memang dari sononya berbakat jadi sutradara, musisi, penulis, perancang grafis . Mangkanya banyak jenis HipHop, Alternatip, Etnic menjadi koleksi manusia Lemon Tea. Hebatnya lagi, peminum lemon tea punya kiat menikmati hidup 1001 cara. Ampibi aja kalah Pleksibel(P). Diajak tidur di hotel berbintang lima, jelas sumringah. Pindah tidur di tenda, asik Man!. Naik Mercy mata kucing? dia enjoy. Pindah ke Tuk-tuk "baginya full exiting experience" - baginya istilah "nggak matching" tidak ada dalam kamus Jeck!


Teh-Madu

Atau anda menyukai teh-madu... Nah ini tehnya para motivator kadang provokator. Disukai orang dari kelompok berbakat jadi dosen, juru-bicara perkawinan "orang karismatik-dengan cewek satu miliard", wartawan, sampai pengacara. Banyak ide-idenya dijadikan panutan oleh teman maupun keluarga. Apalagi ia memang tergolong keras kalau sudah punya mau. Pantang pulang sebelum tugas selesai. Teman lain bekah-bekuh (gelisah) lantaran jam 5 sore meeting belum nampak akan selesai dia malahan merencanakan rapat klaar akan meneruskan kerja yang tertunda sambil ditemani musik Rock kesukaannya.

Orangnya sih agak "kino", maksudnya kalau sekali berpendapat bahwa baju atasan warna coklat cocoknya "hanya" dengan bawahan coklat. Maka jangan coba diberi usulan bermain dengan warna biru, apalagi hijau meledak. Kalau dipaksa warna lain buru-buru tilpun Ambulan yang tulisannya terbalik lantaran dipikirnya ada tabrakan "adu bagong". Ciri Kino-nya nampak jelas tatkala teman ganti-ganti ape yang mingkin menakutkan kemampuannya dia akan bilang yang enteng yang kubutuhkan adalah alat untuk bisa tilpun dan esemes.

Aku tidak akan memindahkan Yellow Page kedalam tilpun, bersaing dengan Darwis Triadi dalam memoto, atau kompetisi dengan bisokop "21" - apalagi sampai mengganti fungsi sekretaris sekaligus akuntan. Orang ini gemar membuat statement, beli "ape" berteknologi tinggi, cuma dimanfaatkan 10% featurenya. Ibarat punya komputer centrino, untuk main Soliter doang.

Teh Susu
Bagaimana kalau teh-susu? Ini tehnya orang penyayang, teduh dan sabar. Berada dekat dia bawaannya nyaman. Kalau lagi banyak persoalan, kepala rasa nyut-nyut, dada sesak, gondok rasa bengkak, mata berkunang, begitu curhat dengannya, langsung plong. Padahal teh-susu cuma jawab "ya" atau "oh, heeh" - Mustajab, pikiran nyesek berganti lega. Apalagi kalau melihat kesukaannya akan Yoga dan Golf diiringi musiknya klasik, pasti dong pembawaannya "cool". Tipe pas untuk Manager HRD, Konsultan, Psikolog atau Dokter. Karena terbiasa mempunyai aura karismatik, suka memberi perintah, akibatnya terkesan kurang luwes dalam bergaul. Selalu melihat dunia secara hitam putih Misalnya dia punya isi kepala hanya kucing hitam pandai tangkap tikus, lalu suatu saat melihat kucing putih juga doyan jelmaan "Scrabber" alias Peter tikus dalam Harry Potter, Manusia teh-susu ngotot mengatakan "dasar kucing putih" bisanya tiru-tiru kucing hitam. Atau dimobilnya akan ada stiker Kucing Hitam the only way"

Rasa Jahe
Bagaimana dengan penggemar the rasa jahe. Terus terang, kecuali anda berasal dari Indonesia Timur yang doyan teh maupun kopi bercampur obat penambah rasa "greng" ini jarang ditemuai. Peminatnya bakal disukai sekeliling anda, orangnya asik, kagak reseh lantaran mudah diajak arisan, rapat RT, panitia posma, mudah diselewengkan bukannya pulang ke rumah malah makan bareng di kafe mana, habis pulang kantor. Iya aja diajak kumpul dalam acara Valentine, menjadi panitia tujuh belasan, biker, sampai ke majlis Taqlim. Maklum rada-rada dekat dengan profesi humas, MC, dan penghibur. Orang kayak begini kalau ketemu jadwal padat, Dan merasa persiapan kurang peradatannya mudah stress.

Dalam pekerjaan biasanya dimanfaatin teman atau bos lantaran karakternya yang naif dan lugu. Kurang pandai membaca bermain politik. Maksudnya teman dan atasan yang pesta, Teh-jahe cukup puas yang cuci piringnya. Ya memang dapat "upo" atau "nasi" barang sebutir dua, sementara temannya "sego sak tenggok plus bleketepenya". Nasi sebakul beserta lauk pauknya.

Pendapat ala Sariwangi keruan mendapat tentangan para Psikolog, bisa-bisa saingan praktek kalau urusan kejiwaan dicampur dengan upacara minum teh. Adalah Tika Bisono yang sehari-hari mangkal di pabrik susu. Dia bilang tidak ada tuh hubungan teh dengan pribadi seseorang.."

Sama halnya para ilmu modern menyangkal bahwa orang kelahiran tahun Naga biasanya keras kepala, kharismatik namun pandai.

Catatan : kalau anda di Glodok HP berganti nama jadi "ape" - Hallo menjadi alok" - rumah menjadi "ruma" tetapi sepeda menjadi "sepedaH" dengan arial-bold-12-font

Mimbar
Penggemar teh pahit, manis, hangat, basi sekalipun. Tinggal di Bekisong
20-2-06

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com