Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

May 14, 2007

Artikel #921 Tetap Bersih


Membayangkan situasi sebuah lokasi pembangunan, apalagi saat tahap pemasangan tiang pondasi dimana kegiatan mengebor tanah apalagi dalam suasana musim hujan begini maka tak aneh jika lokasi pembangunan, kendaraan berat akan "belepotan" tanah merah dimana-mana. Uniknya di Singapura, sekalipun lokasi pembangunan kotor dan berantakan, namun di luar gerbang, kebersihan kota tetap terjaga.

Semua kendaraan berat yang keluar masuk proyek tetap diharuskan membersihkan ban-ban mereka dari tanah liat sehingga jalanan sekitar selalu bersih.

Untuk itu di mulut gerbang disediakan penjaga yang bersenjatakan selang, sapu dan semrotan air sehingga mobil yang keluar proyek tetap dalam keadaan bersih. Bahkan kendaraan berat seperti pengaduk semen mutlak dilengkapi persediaan air dan selang untuk membersihkan ban dan kendaraan mereka.

Rasanya tidak perlu saya jelaskan lebih lanjut bagaimana kondisinya jika kita melihat kotornya jalanan di Ibukota ketika proyek-proyek pembangunan berlangsung. Belum lagi kemacetan yang diakibatkan karena manajemen lalu lintas kendaraan yang tidak teratur.


No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com