Mengenal Jajaran Pekerja Pengeboran

Kalau anda melihat video mengenai pengeboran maka wajah yang ditampilkan umumnya pekerja berpeluh ria dengan muka kotor akibat cipratan minyak, otot yang sekeras baja karena setiap hari tak kurang 12 jam melakukan olah ragawi. Orang ini disebut "floorman" - karena pekerjaannya selalu melantai di panggung bor. Dalam satu ploeg terdiri dari tiga orang, misalnya Dan, Karl, Paul bekerja pada tengah hari sampai tengah malam sementara Simon, Tane, Mark bekerja pada tengah malam sampai tengah hari. Setelah berpengalaman mereka naik pangkat menjadi "derrickman," seperti Jamie, lantaran pekerjaan utamanya naik menara bor untuk memasang dan membongkar pipa. Ia harus naik ke satu platform yang disebut "monkeyboard" mengingat panjang pipa bor rata-rata 30meter.

Setelah Jamie, sang derrickman berpengalaman cukup banyak, ia akan naik pangkat menjadi "lead derrickman." seperti John. Seterusnya ia akan dipromosikan sebagai Asisten Juru Bor atau Assistant Driller seperti posisi yang digeluti oleh Darren. Sementara Dareen harus menunjukkan kemampuannya agar ia bisa naik pangkat menjadi Juru Bor (driller) seperti seniornya Ben.

Menjadi juru bor seperti Ben adalah mirip pilot dalam penerbangan. Ia harus siaga dan berdiri selama 12 jam tangannya selalu pada tuas rem yang cukup berat untuk digerakkan. Belumn lagi panil-panil peralatan yang rumit harus mampu ia manipulasi pada saat gawat. Kalau anda mendengar istilah "blowout" atau semburan gas, maka orang seperti Ben yang akan diinvestigasi terlebih dahulu.

Sampai posisi juru bor, karier mulai lambat jalannya karena mereka harus bersaing dengan senior seperti yang berpangkat pengawas (tool pusher) macam Jerry. Jerry sendiri sudah lama berangan-angan menjadi Superintenden seperti George. Padahal George juga lama mengidamkan posisi Rig Manager.






Mimbar Bambang Saputro
mimbar [dot] saputro [at] gmail [dot]com
+62 811806549 - TEXT PLEASE
Post a Comment

Popular posts from this blog

Nyaris bentrok antar angkatan

Daftar Pemain Nagasasra dan Sabukinten

Meditasi Lilin bikin PeDe