Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

July 28, 2006

777- Alamak sudah mahal masih "dicepol" pulak!

Seorang kerabat bercerita penuh keheranan, tanah yang ia beli seharga 200 juta, belum dua tahun sudah ditawar menjadi 1 M. Dia curiga apa yang sedang terjadi dengan tanah tersebut. Ternyata lahannya akan digunakan sebagai SPBU di Palembang.

Anda mungkin mafhum bilamana tidak kepepet kehabisan BBM di tengah jalan, maka membeli BBM di kios-kios eceran bukanlah merupakan tindakan bijaksana, mengingat umumnya pedagang telah mengoplos BBM murni yang ditawarkannya agar mendapatkan keuntungan lebih. Para supir Taxi dan Angkot lebih cermat dalam membeli BBM. SPBU yang jujur biasanya ditandai dengan banyaknya taxi yang antri membeli BBM disana.

Setengah lebih dari SPBU di Jakarta melakukan kecurangan.

Dampak dari kenaikan BBM yang spektakuler, membuat beberapa pihak yang sebetulnya sudah kaya ingin lebih menangguk lebih banyak keuntungan. Tim Terpadu BBM memang tidak bisa menemukan modus lama seperti mengoplos Premium dengan minyak tanah, namun mereka berhasil menemukan alat "remote control" untuk mengatur lajunya putaran mesin dispenser BBM. Dari 228 SPBU maka 117 diantaranya berlaku curang sehingga konsumen dirugikan sekitar 43 miliar rupiah per tahun.

Ketua tim terpadu, Slamet menegaskan, 27 SPBU kedapatan mengurangi volume penjualan sebanyak 50-100 ml per 10 liter, 29 SPBU mengurangi diatas 150 ml per 10 liter. Alat yang dipakai meliputi kawat, baut, tali sampai ke yang canggih yaitu Remote Control.

SPBU di jalan Mangunjaya Tambun Bekasi ketangkap basah menggunakan alat remote control. Sebelumnya sebuah SPBU di jalan Raya Cilengsi dihentikan pengoperasiannya selama dua bulan lantaran menggunakan kawat, SPBU Tanah Abang dihentikan selama satu bulan karena memotong volume hingga setengah liter, SPBU jalan raya Bekasi karena menjual 3 drum solar kepada industri tanpa ijin, dan terakhir SPBU Mangunjaya karena menggunakan remote control. Umumnya bandit-bandit ini menggunakan kawat, tali, baut sampai yang paling canggih yaitu remote control.

Saat ini tersebar 3364 SPBU di seluruh Indonesia. Ada sepertiganya yaitu 1010 buah berada di wilayah Jakarta, Banten dan Jabar.

28/7/2006
Mimbar Bambang Saputro

1 comment:

Barry said...

Kalau di sini, bahkan ada website yang memberitahu pompa bensin mana yang sedang memberikan harga paling murah. Sehingga konsumen bisa diberikan kesempatan untuk memilih.

http://www.chicagogasprices.com/

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com