Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

June 15, 2006

742-Buanglah Daku Kau Kuganjar (denda 10.000 dollar)

Berapa sih harga seekor ikan Lohan (cychlids) yang mirip mujair, dan kepalanya bukan yang nongnong, hampir-hampir tak ada harganya lantaran gegap gempita ikan ini sudah kadaluwarsa. Banyak orang lalu melemparkan ikan ini ke sungai, rawa atau kolam. Habis perkara. Tapi jangan coba-coba dilakukan di Perth, Australia Barat, bisa jadi anda terkena penalty telak sepuluh ribu dollar.

Adalah seorang Andy Bartleet dari perikanan setempat yang resah melihat temuan nelayan setempat bahwa para lohan sudah menjadi klandestine diperairan sungai Angsa. Jenisnya sudah mencapai ratusan spesies. Lantaran ikan yang ditemukan panjangnya sudah mencapai 20 cm, para petugas semangkin (pakai ng) resah, sebab klandestin ini mustinya sudah mendekam di perairan mereka cukup lama, mungkin sudah tahunan menjadi penduduk gelap tanpa visa tiban (dadakan).

Mujair van Amerika Selatan sekalipun sosoknya exotic dengan dengan warna sisik cerah sehingga indah dipandang di akuarium juga kelebihannya sang jantan piawai bermain jurus YuYu Kangkang, alias rayuan membuai para mbakyu menggelosor terlentang. Begitu saudara jauh mujair ini dilempar disuatu tempat dalam tempo singkat dan seksama kawasan parkir langsung dikuasainya. Ikan aseli setempatpun digusur tanpa klaim pesangon. Belum lagi anak-anaknya yang napak-tilas jejak sang ayah. Begitu procot menetas langsung minta "jatah reman."

Australia pernah kecolongan dengan masuknya ikan mas jenis "karamba" alias tombro keperairan mereka. Begitu ikan ini berkembang di sungai Murray-Darling, maka habitat ikan lain langsung rusak sebab ikan ini memang secara kasat mata mampu merangsek pinggiran sungai atau tegalan kolam untuk memakan cacing, jasad renik lainnya kolam menjadi mandul

Untuk itu Departemen perikanan Australia mengeluarkan ancaman barang siapa sengaja atau tidak sengaja menebar ikan Lohan di sungai, maka mereka akan memanen denda 10.000 dollar.

Thursday, June 15, 2006
http://mimbar2006.blogspot.com

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com