Artikel #898 - Di PNG jangan pernah memasang tulisan "Please Make Up My Bed"-

Anda pasti kenal dengan tulisan serupa yang biasanya digantung di gagang pintu masuk kamar hotel saling bertolak muka dengan tulisan "Dont Disturb". Biasanya papan ini kita gantungkan didepan kamar hotel, saat anda hendak meninggalkan kamar hotel. Maksudnya agar petugas kebersihan segera membersihkan kamar anda. Namun bila anda berada di Papua Niugini, ini bisa diartikan sebagai undangan terbuka kepada pencuri untuk menyelinap dan menjarah barang saat anda meninggalkan kamar.

Disarankan sebelum meninggalkan hotel, bisikkan kemauan anda kepada pihak hotel. Saat melakukan check-in, biarkan room-boy membawakan barang milik anda dari lobby kedalam kamar, pastikan ia menyalakan ac, lampu, memerikasa kamar sampai yakin bahwa tidak ada orang lain didalam kamar. Juga bila hendak bepergian tidak dianjurkan memanggil taxi di jalanan. Dan jangan berjalan-jalan didini hari.

Penduduk PNG yang 5 juta jiwa ini sebetulnya kaya akan hasil alam termasuk gas dan minyak bumi. Namun seperti di negara berkembang lainnya, industri demikian membutuhkan tenaga spesialis yang sampai saat ini masih kurang dikuasai anak negeri.

Akibatnya angka kriminallah yang melejit menjadikan kota ini kurang nyaman dijadikan tempat wisata apalagi kalau malam hari.



Mimbar Bambang Saputro
mimbar saputro gmail com
Post a Comment

Popular posts from this blog

Nyaris bentrok antar angkatan

Daftar Pemain Nagasasra dan Sabukinten

Meditasi Lilin bikin PeDe