Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

November 14, 2006

831- Rig Pengeboran Laut dalam Gambar






Asap membubung dari rig pengeboran berasal dari pembakaran minyak hasil sampingan uji produksi.





Sebuah rig pengeboran laut dilihat dari titik puncak menara bor. Huruf DIAMOND (Offshore tidak nampak) dalam keadaan sesungguhnya memiliki ketinggian 40 meter. Di sebelah kiri ada huruf H dalam lingkaran kuning adalah Helipad Baja yang mampu ditunggangi Sikosky sampai 9 ton beratnya. Sayap kanan adalah Pipe Rack tempat menyimpan pipa-pipa besar seperti "RISER". Di bagian selatan, adalah tumpukan pipa bor, pipa berat, casing. Bagian utara adalah haluan (Forward).










Helokopter jenis Sikorsky yang merupakan penghubung antara "base camp" dengan rig. Pergantian pekerja menggunakan helikopter.


*****




Suasana di lantai menara bor. Bandingkan besarnya rantai mesin dengan para pekerja bor yang bule-ule dan berbadan besar. Kacamata hitam (menunjukkan kerja siang hari), penutup telinga, sarung tangan adalah perlengkapan wajib. Pagawai paling kanan dengan coverall abu-abu adalah contoh pakaian yang lengkap. Pekerja lainnya sebetulnya terbilang melanggar, namun biasanya pakaian kerja mereka sudah bolak-balik kotor dan belum sempat kering dari laundry sehingga berpakaian apa adanya. Seragam mereka umumnya buatan Yakka. Nah yang sering bikin saya gregetan, kadang mereka membuang seragam, Tshirt, Sepatu Kerja yang masih laik pakai. kalau saja di Indonesia wah sudah saya kumpulkan itu.






*****


Tampang para crew pengeboran - yang pakai orange coverall adalah ToolPusher atau Mandor





Kalau sering melihat pesawat terbang yang ditarik mobil pemandu menuju landasan pacu, maka kedua kapal tunda sedang menarik rig laut menuju lokasi yang akan di bor. Sementara yang nampak menjulang adalah ruang kemudi (pilot house)



****






Kerja boleh keras, tetapi soal gizi harus diperhatikan. Kantin makan dengan aneka rupa salad segar, minuman kaleng, jus buah, es krim, coca cola, capucino, hotmilk, yoghurt, steak lembut daging NewZealand, Lobster, daging kalkun, bebek semua ada disini. Yang gondrong adalah Store Keeper dari Amerika dan seorang lagi adalah Barge Captain asal India.







*****





Kapal tunda sedang melakukan persiapan menarik rig dengan mengikatkan kawat baja pada lambungnya. Kalau sedang dalam keadaan tidak menarik kapal, maka kapal ini berfungsi sebagai kapal supplai.




Persiapan menurunkan jangkar dilakukan oleh kapal tunda yang akan membawa jangkar yang terikat pada rantai kapal. Keadaan makin rawan jika didasar laut banyak terdapat pipa bawah laut sehingga jangkar perlu dipasang penuh hati-hati agar tidak mengait pipa minyak.


Kadang dapat hiburan gratis dari indukan ikan Paus dan anaknya (sebelah kanan didalam air)







*****
Bukan kebakaran, namun api inilah yang dicari-cari oleh para pencari minyak. Minyak dan gas yang berasal dari perut bumi selalu tercemar lumpur, pasir, sehingga saat uji-produksi untuk menentukan kemampuan produksi minyak masing-masing sumur, maka minyak kotor ini dibakar. Jadi tidak seperti anggapan sementara orang bahwa minyak dapat ditentukan keberadaannya cukup dari pemantauan satelit, atau menggunakan cara dowsing (bandul). Bahkan tidak jarang ada "peta lecek dan kuno" yang merupakan titik minyak peninggalan Belanda atau Jepang. Kalau anda menemui orang mengaku memiliki peta kuno titik minyak, bisa dipastikan ada usaha penipuan. Minyak baru dikatakan berhasil kalau gambar dibawah ini membuktikannya. Suaranya seperti deru mesin jet.

WAKTUNYA PULANG - setelah 4 minggu bekerja, waktunya pulang menemui keluarga atau orang yang paling disayangi. Rata-rata pekerja rig bekerja 5 bulan dalam setahun, termasuk satu bulan untuk cuti tahunan. Toh pekerjaan ini jarang diminati oleh orang Australia sehingga anak negeri sebetulnya memiliki banyak kesempatan bekerja di sini. Ada yang berminat?

Mimbar Bambang Saputro
mimbar-list@yahoogroups.com

No comments:

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com