Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

January 11, 2007

854 - Pemda Blitar Buka Situs Lokalisasi Pelacuran sebagai upaya mengurangi perselingkuhan.....

Sebelum bola mata lepas dari cangkangnya karena membaca berita tersebut, saya tegaskan bahwa berita ini memang aseli dan dimuat disebuah situs internet HalamanSatu.Net - dan seperti sudah diperkirakan, dalam beberapa detik kemudian, langsung hujan komentar nyinyir dari pembaca bermacam-macam. Padahal, sejatinya berita tersebut pekerjaan iseng para hacker yang mengubek-ubek situs milik pemda Kabupaten Blitar lalu di copy paste dan (biasanya) ditambah label "dari milis tetangga". Keruan saja Pemda Blitar cureng mureng ketiban sampur akibat pemberitaan normalisasi kampus PSK.

Atau baca juga kolom yang menghujat kidung Natal yang dikomposisi oleh Djaduk Ferianto sebagai penghianatan atas Natal, hanya karena yang melantunkan kidung adalah Trie Utami. Penulisnya berpendapat kasus tersebut ibarat ada kucing belang diantara sekelompok kucing putih, sekalipun tujuannya sama-sama menangkap tikus. Dan tulisan ini bisa ditemui di situs wikimu.com

Rupanya tahun 2007 ini selain era "pesawat tak selamat", juga sedang trend dengan munculnya situs-situs mirip wikipedia.com dengan lidah Indonesia seperti wikimu.com, dan halamansatu.net. Yang unik penulisnya berasal dari pembaca sendiri.

Anda ingin mengumbar unek-unek, belajar menulis, maka situs ini paling cocok. Tidak ada segmen tertentu. Pingin jadi penulis, langsung copy and paste maka tulisan sudah nongol disana. Termasuk resiko diubek-ubek hacker. Tentu tidak ada honor bagi penulis yang karyanya. Namun siapa nyana seorang penulis seperti Lita yang bukan dari disiplin kedokteran, gemar menulis masalah kesehatan di situs tersebut langsung digandeng penerbit besar untuk mengompilasi tulisan ibu rumah tangga ini menjadi sebuah buku.

Niat copy darat (tanpa ide arisan) baru kesampaian pada Rabu 10 Januari 2006, maka ajang pertemuan di Gedung Bakri Rasuna Said menjadi ruang tukar menukar tip menulis, mencari ide, memburu berita. Dan sekalipun mengekor sukses situs Korea Selatan ohmynews.com, tak satupun penulis di Wikimu.com atau Halamansatu.net adalah wartawan.

Mimbar Saputro

No comments:

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com