Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

September 15, 2007

Ten Car Come, Ten Car Go

Sebuah kecelakaan lalu lintas dilaporkan oleh seorang pendatang baru berlidah Asia sebagai berikut:

"Sir One Accident, one car come one car go, braaak!
Many car come.
Ten car come, ten car go.."

Kalau anda diposisi seorang polantas Australia. Maka baris pertama mudah dimengerti bahwa ada tabrakan adu kepala yang melibatkan dua buah kendaraan.

Biasanya karena adanya kecelakaan maka banyak kendaraan diperlambat jalannya untuk melihat, atau memberikan pertolongan seperti diperlihatkan pada kalimat kedua.

Namun, kalimat ketiga yang bikin pak Polantas garuk-garuk dagu dan belakang kepala. Mengapa harus mobil sepuluh datang mobil sepuluh pergi.

Rupanya sang pelapor masih terpengaruh bahasa negerinya. Konon tanda "palang" pada aksara Cina akan dibaca sebagai "sepuluh" - Padahal maksud pelapor ada mobil "ambulan" datang lalu membawa korban ke rumah sakit.

No comments:

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com