Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

August 03, 2007

Cara Kenyang Ala Lupin


Bagaimana menghasilkan makanan yang kaya akan protein, rendah karbo hidrat dan mengandung serat. Begitu pertanyaan dikepala Dr. Jonathan Hodgson dari Universitas WA, Perth. Pertanyaan ini direalisasikan dalam bentuk penelitian sejenis tanaman Lupin. Semula hasil panen bijian Australia 800.000 ton per tahun ini dikhususkan untuk ternak. Namun Hodgson dan teman-temannya melihat kemungkinan lain. Lupin bias dijadikan roti alternative roti tawar biasa, mengenyangkan dan rendah kalori.

Bermula dari Oktober tahun lalu, Jonathan dan teman-teman dari UWA School of Medicine melakukan penelitian terhadap enam belas relawan. Selama empat pekan mereka diminta mengganti roti tawar untuk sarapan dan makan siangnya dengan roti lupin.

Cerita sukses datang dari nona Jones yang kehilangan bobot empat kilogram dalam empat pekan. "Rasanya roti lupin juga tidak terlalu buruk, bahkan ada rasa kacang didalamnya," begitu pengakuannya. Berbeda dengan temannya, maka relawan Jarvis mengaku tidak kehilangan bobot sama sekali, sekalipun tidak juga bertambah. Ia menyukai rasa Lupin apalagi "mampu menyetop keinginan mengemil," katanya gembira. Mohon dicatat studi ini dilakukan pada usia rata-rata 58.6 tahun dengan tubuh bongsor 31,3kg per meter persegi. Usia yang memang sulit untuk mengerem laju pertambahan lemak di perut.

Kini di Australia sudah diproduksi roti lupin anti lapar. Cukup menjadikan roti Lupin sebagai pengganti roti tawar yang biasa anda hadapi sehari-hari. Rasanya beda-beda tipis dengan roti tawar biasa, dan yang jelas lebih irit kalori sampai sepertiga dari kalori yang dihasilkan ole Roti Tawar Gandum.

Roti ini bertajuk "Slimmer's Choice, " diproduksi dari suatu tempat di Freemantle, Australia Barat dan mulai bias diperoleh di supermarket seperti IGA. Dalam seratus gram bahan pembuat Lupin, orang akan menemukan 886 kj energy, 25.3g karbohidrat, 9.5 g serat, 15.8gr protein dan 3.6g lemak. Bandingkan dengan roti tawar biasa yang umumnya mengandung 1030kj energi, 45.3 karbohidrat, 5.1 serat, 8.2gr protein dan 2,2 lemak.

Pesaing berat Lupin adalah Kacang Kedelai dalam soal protein. Namun sayangnya tidak semua orang suka akan bau kedelai yang konon "langu."

Dua belas bulan kedepan, Dr. Jonathan Hodgson akan meneliti para konsumen Lupin lagi. Kali ini ia membutuhkan 160 relawan dan pengecekan akan dilakukan terhadap level kolesterol dan kesehatan jantung para pemangsa Lupin.Anda berminat menjadi relawan. Tilpun +61-8-92240344
Foto from sare.org

No comments:

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com