No Loitering

NO LOITERING

Saya terpaksa membuka kamus ketika membaca larangan ini di sudut terowongan MRT(mass rapid transportation) di Singapore minggu lalu. Masuk MRT berarti menerima larangan "No Durian, No Drinking, No Eating, No Flamable material, No Weapon", semua bisa dipahami (terpaksa), namun No Loitering ? bahasa apaan itu? Apa 40 kamera tersembunyi di setiap stasiun MRT ternyata masih dirasa kurang.

Dalam kamus disebut "Loitering simply means people hanging around your place of business, inside or outside, without buying anything. Loitering is a serious problem"- jadi kalau didalam terowongan MRT, orang-orang bergerombol, ngerumpi tanpa tujuan jelas, efek negatifnya orang segan mendatangi tempat tersebut, kemungkinan terjadi saling ejek,pelecehan atau "harrasment" bagi sekelompok orang dan berkelahi.

Tetapi kabar burung, rekaman video MRT menyimpulkan kelompok teroris yang dicurigai akan meledakkan Singapore adalah salah satu dari kelompok yang selama ini pura-pura kumpul menunggu temannya.

Di rig-rig Lepas Pantai dulu ada pengumuman, "No HorsePlay", maksudnya bercanda dengan menggunakan fisik seperti mendorong, memukul. "Canda tukang becak" - kata bahasa vulgarnya.

Jadi bukan mobil saja yang harus parkir ditempat yang ditentukan. Kakipun kalau salah parkir, urusannya dengan Cops.

28 Dec 2004
Post a Comment

Popular posts from this blog

Nyaris bentrok antar angkatan

Daftar Pemain Nagasasra dan Sabukinten

Meditasi Lilin bikin PeDe