Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

December 02, 2006

841- Summertime di Australia

Kartun tersebut menggambarkan seseorang bertubuh ala Samson tokoh legenda Yunani, sedang berusaha keras meregang otot memutar jarum jam yang seukuran tubuhnya. Lalu dibawahnyaada teks mengutip pepatah lama mengatakan "anda tidak bisa menghentikan waktu...." - tetapi di Australia dan beberapa negara lain, anda bisa memajukan waktu atau memundurkannya secara resmi.

Bermula pada 1784 Benjamin Franklin secara sindiran mengatakan bahwa dengan adanya daerah yang sudah malam padahal masih siang hari, seyogyanya mereka dikenakan pajak tambahan. Ternyata orang Perancis mengadopsi gagasan kelakar Ben menjadi masalah serius.

Terhitung 3 Desember 2006 jam 02:00 Waktu Australia Barat, saat benua Kangguru ini memasuki musim Summer, bertepatan juga dengan diadakan perubahan jam. Kalau biasanya jam di Perth adalah GMT ditambah 8 (seperti waktu Balikpapan atau Singapore), maka terhitung 3 Desember akan menjadi GMT ditambah 9, alias satu jam kedepan. Dan di Microsoft Windows, saya harus memilih waktu Korea (Seoul).

Hari Minggu dipilih sebagai pergantian berhubung diantisipasi penduduknya sedang tidur dan tidak mengganggu aktivitas kerja mereka. Summer adalah waktu terhangat dinegara yang menganut mahzab "temperate" yang terdiri dari sekte "spring, summer, autum, winter" - bandingan dengan tanah air yang menganut mahzab Tropical (hujan dan kemarau).

Sebetulnya menubah waktu ya mudah saja, tinggal puter arloji, beres. Tiket pesawat yang semula tertulis jam 8 malam, diganti menjadi jam 9 malam. Paling mencetak selembar dua kertas (ini belum dikalikan seluruh tiket se Australia dan negara lain yang terimbas DST).

Tapi nanti dulu, bagaimana dengan sistem data-aquisition yang selalu menghitung dari detik kedetik, maka perlompatan 60menit kedepan bisa membuat sistem data amburadul. Beberapa posko (help desk) harus beroperasi pada pergantian waktu tersebut untuk berjaga-jaga kalau sistem komputerisasi mengalami gangguan.

Perubahan lain di rak-rak kantin mulai memajang merek cairan pengganti seperti "Gatorade" - bukan iklan lho, sekedar menjelaskan guna mengganti cairan tubuh agar tak terlibas dehidrasi seyogyanya banyak minum dan cairan elektrolit. Dan tentunya hotel-hotel menawarkan pakansi di pantai beserta keluarga. Toko-toko sport air, usaha baju renang akan panen raya tanpa gangguan hama.

Bukan itu saja beberapa chart warna air seni yang terpampang di peturasan mulai diperbaharui dengan warna yang lebih jreng. Singkatnya, kalau air seni sudah seperti seduhan teh Potji dari Tegal, maka tanda tubuh mengalami dehidrasi.

Pada 25 Maret 2007, jam 02:00 dinihari, anda bisa memundurkan waktu kembali. Jadi kalau kebetulan anda bepergian ke Australia, pastikan jam yang tertera sudah ditera pakai DST.

Sebab bisa bisa tiket yang dipesan sebulan lalu belum terkoreksi, akibatnya ketinggalan satu jam, dan beresiko ketinggalan pesawat. Ini semua gara-gara banyolan Ben (Franklin) di kolom Jurnal Perancis.

No comments:

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com