Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

December 11, 2006

844- Adakah pekerja wanita di Pengeboran Laut?

Banyak pertanyaan dialamatkan kepada saya. Apakah ada pekerja perempuan di rig pengeboran. Jawabnya tentu saja sebab Australia adalah negeri yang menganut persamaan hak antara pria dan wanita. Rekan kerja saya seusia anak saya,21, geologiawan lulusan London ini, baru bergabung pada tahun 2006. Hobinya menulis buku harian, berinternet layaknya para generasi "Y"

Pertanyaannya, bagaimana sikap karyawan pria terhadap cewek-cewek ini? - sebagaimana manusia biasa tentu ada kerlingan berarti. Namun ada satu kode etik dimana melecehkan wanita adalah pelanggaran serius. Anda tidak boleh misalnya "ah elu perempuan tahu apa?" - hal yang biasa diperlihatkan dalam lenong rakyat, bisa berakibat fatal disini. Seorang teman yang berasal dari Amerika Latin sekali pernah berbantahan dengan rekan kerjanya yang wanita. Rupanya ia keceplosan bilang "mangkanya elu kawin, jangan jomblo saja..." - si lajang, yang merasa bahwa kawin adalah bukan soal sesederhana "bagaimana omongan tetangga dan teman arisan" langsung naik pitam dan melaporkan kejadian ini kepada manager rig. Lawan bertengkarnya langsung tidak diperbolehkan bekerja di rig tersebut.


Mimbar Bambang Saputro

No comments:

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com