Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

December 23, 2006

847 - Ijin bermain panaszzzsh

Sering melihat tukang las ?.
Sebelum memulai pekerjaan. Pawang ular api akan menggunakan sarung tangan kulit yang tebal, pelindung wajah seperti tameng, biasanya helm berkaca gelap yang jelas bukan barang nikmat untuk dikenakan berlama-lama lantaran pengap, panas dan yang pasti berbau apek.

Pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi penuh, lanataran peralatan kerjanya sedemikian rupa sehingga begitu api dipantik, dia tenggelam dalam dunianya sendiri. Suara desis dan letupan kecil kawat patri beraliran listrik tinggi ditempelkan kepada besi yang akan dilas mengiringi pekerjaanya. Mereka baru bisa disapa saat usai mengeluarkan jurus "ciluk ba" dengan membuka kerudung baja memperlihatkan wajah yang berkeringat dan mata yang nanar akibat melihat sinar teramat kemilau.

Di rig pengeboran Australia, seorang tukang las selalu didampingi seseorang asisten. Biasanya selain menggunakan coveral, merek "Yakka", asisten "tanpa gawean" ini memakai rompi berwarna jingga bergaris kuning yang jika dikenakan malam hari akan berpendar seperti petugas jalan tol (tapi bukan) sehingga menarik perhatian. Lucunya sang "pengamat api" tidak boleh memberikan bantuan tenaga maupun pikiran. Ia hanya memberikan bantuan perpanjangan "mata" sang tukang las.

"Orang kagak ada kerjaan" ini akan bertanggung jawab, saat terjadi kebakaran akibat pekerjaan pengelasan. Maklum juru las kalau sudah berkerudung topi ala penjahat legendaris Aulia "Ned Kelly" mana dia perhatikan sekelilingnya. Sekalipun terjadi kebakaran akibat panas yang ditimbulkan.

Maklum kedua, di Rig, korek api jres, dan korek api gas adalah barang terlarang yang harus diserahkan kepada petugas di rig selama person tersebut bekerja di rig dan diambil kembali saat meninggalkan rig.

Lalu bagaimana dengan tukang las yang bermain lidah api ribuan derajat selsius. Dispensasi macam apa ini ?

"Ijin bermain panas"

Sebelum bekerja tukang las harus mengisi formulir, waktu akan melakukan pekerjaan, bahaya yang kemungkinan timbul. Kalau anda memergoki ada tukang pakai aji "kerja dulu, urusan lain (keselamatan) boleh dikesampingkan" - disudut rig tersedia kertas kecil "stop card" - untuk melaporkan kejadian yang kita lihat, imbalannya, kalau beruntung, laporan kita bisa menghasilkan lima puluh sampai seratus dolar. Apa artinya uang segitu kalau sebuah rig terbakar gara-gara kecerobohan tukang las, misalnya.

--
21/12/2006
Mimbar Bb. SAPUTRO
Text Msg: +62811806549

Masih menguras "toren" nun di atas sana sendirian

No comments:

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com