ThanksGiving pesta Belibis Panggang

Pandangan saya tertumbuk di kalender bahwa 28 November nanti orang Amerika terutama merayakan hari ThanksGiving, suatu ujut rasa terimakasih kepada Tuhan tentunya atas rizki dan berkah yang diterima selama ini. Email berdatangan dengan ajakan merayakan ThanksGiving, pesta Kalkun. Kue Pie Labu (Pumpkin), pokoknya yang serba "aeng" di pikiran saya.

Ada yang mengganjal saya yaitu simbol thanksgiving selain kalkun (yang biasanya dipotong pada hari itu) juga logo terompet yang isinya ada sayuran, dan penganan. Lha seperti biasa sekalipun terlambat saya coba menyisir keberadaan thanksgiving untuk dibuat sketsanya. [PATROLI bener bahasanya]

LARAH-LARAHE (SEJARAHNYA)

Adalah jamaah Sekte Puritan bangsa Inggris yang merasa tidak nyaman dengan kehidupan beragama di negara mereka [jadi dulu juga ada itu] sehingga mereka memutuskan untuk eksodus pada ke Holland. Sayangnya disana mereka tidak betah lantaran gesekan kultur (dan agama) dengan orang Belanda sehingga melanjutkan eksodusnya ke Amerika.

Manusia perahu sarat muatan akhirnya pada 11 Desember, 1620 berhasil menapakkan kakinya di bumi Amerika, tercatat penumpang kapal MayFlower ada 46 meninggal dari 102 kaum separatis. Lokasi pertama yang ditemui adalah Plymouth Rock. Sekalipun musim winter sempat menambah penderitaan kaum ini, namun kesedihan nampaknya terobati dengan hasil panen yang melimpah ruah di negeri baru mereka, yang sering dilupakan bahwa keberhasilan eksodus itu tidak lepas dari bantuan suku Indian yang akhirnya setelah nulung di pentung

Dasar..!

Untuk merayakan keberhasilan mereka, beberapa pemburu mencari unggas liar buat dijadikan santapan pesta.. Ha Ha Ha Ha..

Beberapa buruan adalah ayam hutan, belibis, dan angsa liar.

Lha ini yang menggelitik, kok dirayakannya dengan KALKUN (Turkey), jawabnya ya bahasa Inggris kuno menyatakan bahwa Turkey adalah unggas liar. Lalu mengapa tanggal 11 Desember dianggap Hari Kemenangan, kok resminya jadi bulan November. Ini juga sejarahnya adalah proklamasi Abraham Lincoln 1863 yang menetapkan bahwa hari ThanksGiving diambil hari Kamis terakhir di bulan November...Ooh gitu toh...


CORNUCOPIA, korn-yoo-KO-pee-uh

Ada simbol lain dari Thanks Giving ini adalah Terompet dari tanduk yang diukir namanya CORNucopia, konon diambil dari mitologi yunani dari babysitter-nya Zeus bernama Amalthaea.

Uniknya terompet Si mbak ini ajaib. Kalau bocah Zeus nangis, dia tiup terompet saktinya dan Voilla! mengalir makanan yang lezat-lezat. Entah Martabak Kubang yang pakai telor ayam ras masuk hitungan saya kurang jelas..

Jadi kalau tahun baru kita tiup terompet (bukan terompah), maka artinya (kata pelawak Tarzan), kita berharap mendapatkan rizki yang melimpah seperti terompet yang ditiup oleh mbak Amalthaea dari Yunani... Ooh gitchu lagi...


Date: Wed Jun 26, 2002 9:59 am
1 comment

Popular posts from this blog

Nyaris bentrok antar angkatan

Daftar Pemain Nagasasra dan Sabukinten

Meditasi Lilin bikin PeDe