Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 17, 2006

Yusuf Isnaini

Date: Fri Nov 5, 2004 3:19 pm

Belum lama ini saya kedatangan famili yang mengantarkan anaknya ke Jakarta untuk ikut berlatih Olimpiade Fisika. Peserta dari pelosok negeri ini rata-rata didampingi para gurunya. Mereka ditampung di berapa hotel berbintang dua. Diantara peserta, ada seorang bocah kelas 6 bernama Yusuf Isnaini, yang didampingi Ny. Bahriah Kepala Sekolah SDN-2, Baturaja- Sumatera Selatan. Penampilan sederhana Yusuf menyita banyak peserta olimpiade fisika lainnya, mengingat ia berasal dari daerah yang jauh dari fasilitas yang mendukung keilmuan seperti buku dsb. Ayah Yusuf sudah meninggal, sementara ia dibesarkan oleh ibunya yang bekerja serabutan seperti menjadi tukang cuci atau apa saja untuk hidup mereka sehari-hari. Untuk membantu kehidupan keluarganya, Yusuf berjualan bibit pohon karet yang ia semaikan sendiri.

Tapi semangat juang Yusuf, ditambah dengan karunia otaknya membawa dirinya menjadi peserta olimpiade di Jakarta. Kalau anak kota menjadi jawara, lumrah kedengarannya. Anak kota banyak fasilitas pendukung. Lemah sedikit dalam satu mata pelajaran, orang tuanya membawakan guru privat untuk mengatasi kesukaran anaknya. Buku-buku pelajaran, mudah didapatkan. Berbeda dengan anak piatu yang hidup serba kekurangan namun mempunyai otak cemerlang.

Andai saja pemerintah jeli melihat bakat anak bangsa bernama Yusuf Isnaini dari Baturaja ini.

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com