Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 04, 2006

X-cross your finger

Kalau orang bule (berdoa) atau menunggu sesuatu kejadian berjalan sesuai dengan rencana, biasanya mereka mengatakan "cross your finger" sambil membelit jari telunjuknya dengan jari tengah. Kebiasaan ini ternyata berasal dari perseteruan dua agama. Yaitu umat Kristen (dulu) dengan NonKristen yang biasanya disebut Pagans. Umat Kristen selalu mempraktekkan kepercayaannya dengan membentuk tanda salib, yaitu menyentuh badan sebanyak empat kali. Akan tetapi bagi kelompok Pagan menganggap hal ini sebagai tanda tantangan atau simbol mengundang kekerasan. Sehingga tidak jarang terjadi ketegangan di kedua pihak. Jalan keluarnya adalah membentuk salib dengan jari telunjuk dan tengah, seperti yang saya lihat di filem-filem. "Cross Your Finger"


http://home.flash.net/~tinyt/superstitions.html
Date: Sat Jun 24, 2000 9:04 am

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com