Tips or Gratuation

Istilah tips konon dikenal ketika para yuppies mulai mencari tempat untuk kongkow-kongkow selain warung kopi. Kalau lihat filem laga Indonesia, hampir semua pertumpahan darah diakibatkan oleh pendekar dan penjahat yang bertemu di warung kopi. Biasanya dimulai hari yang terik, lalu para pendekar di warung kumpul-kumpul sambil menikmati minuman dan penganan (tidak usah dipikirkan darimana meeka dapat uang sangu). Tidak lama kemudian datang orang "reseh" yang sengaja mencari keributan.

Nah tatkala para kaum muda mulai ingin bicara lebih santai tetapi masih dalam "koridor" dagang maka kafe mulai dilirik, sambil menikmati capu atau kopi Starbuck, lucunya tender ukuran diatas 2 M kadang cuma diselesaikan diatas tissue. Pasalnya jarang orang ke kafe bawa buku tebal atau skrip misalnya. Bisa dikira nagih kereditan rantang.

Dari kafe inilah muncul istilah "to insure prompt services" yang disingkat TIPS. Sama halnya istilah ASAP (as soon as possible), FYI (for your information). Dalam bahasa resminya sih tips ditulis sebagai "gratuition". Yang enah mengapa istilah ini malahan kurang top.

MBS
belum pernah diberi tips
19 May 2003
Post a Comment

Popular posts from this blog

Nyaris bentrok antar angkatan

Daftar Pemain Nagasasra dan Sabukinten

Meditasi Lilin bikin PeDe