Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 10, 2006

Tips or Gratuation

Istilah tips konon dikenal ketika para yuppies mulai mencari tempat untuk kongkow-kongkow selain warung kopi. Kalau lihat filem laga Indonesia, hampir semua pertumpahan darah diakibatkan oleh pendekar dan penjahat yang bertemu di warung kopi. Biasanya dimulai hari yang terik, lalu para pendekar di warung kumpul-kumpul sambil menikmati minuman dan penganan (tidak usah dipikirkan darimana meeka dapat uang sangu). Tidak lama kemudian datang orang "reseh" yang sengaja mencari keributan.

Nah tatkala para kaum muda mulai ingin bicara lebih santai tetapi masih dalam "koridor" dagang maka kafe mulai dilirik, sambil menikmati capu atau kopi Starbuck, lucunya tender ukuran diatas 2 M kadang cuma diselesaikan diatas tissue. Pasalnya jarang orang ke kafe bawa buku tebal atau skrip misalnya. Bisa dikira nagih kereditan rantang.

Dari kafe inilah muncul istilah "to insure prompt services" yang disingkat TIPS. Sama halnya istilah ASAP (as soon as possible), FYI (for your information). Dalam bahasa resminya sih tips ditulis sebagai "gratuition". Yang enah mengapa istilah ini malahan kurang top.

MBS
belum pernah diberi tips
19 May 2003

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com