Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 03, 2006

Termometer Jangkrik

Subject: Termometer Jangkrik mimbar@geoprolog.co.id

Di rig pengeboran minyak, sekalipun sudah jaman Cyberspace, beberapa teknologi kelas "dinosaurus" masih dipergunakan orang. Menghitung kecepatan putar (RPM) pipa pengeboran misalnya, cukup dengan memberi tanda berupa pita, tali atau cat kepada bagian yang berputar tapi mudah untuk ditandai. Para juru bor menandainya di bagian mesin penggerak yang bernama "kelly bushing", kebetulan bagian yang bentuknya gemuk, mblenduk ini ada lubang yang mudah untuk diberi tali manila atau apa saja.

Dengan menghitung jumlah meja berputar dalam satu menit, caranya, letakkan tangan sampai tali nanti akan "mbabit" lembut ketangan anda dan mulai menghitung serta lihat arloji. Catat jumlah sabetan dalam satu menitnya. Jika jumlah ini dikalikan dengan enam puluh, para juru bor akan segera mengetahui paramater pengeboran berupa RPM (revolution per menit). Misalnya dalam satu menit anda disabet tali 5 kali, maka putaran pipa bor saat itu adalah 5x60 = 300 rpm.

Dengan mengetahui RPM orang bisa mengetahui kecepatan matabor menembus kulit bumi. Logikanya seperti memutar ban mobil, makin besar rpm yang dijalankan, makin cepat mengebor. Sekalipun kenyataannya tidaklah selalu demikian.

Hal serupa dilakukan para jurubor kita untuk menghitung kecepatan pompa lumpur. Cuma kalau pompa satuan kecepatannya adalah SPM (Stroke Per Menit) yang kemudian bisa dikonversikan mejadi Gallon Per Menit).


TERMOMETER JANGKRIK

Kalau mengebornya di tengah hutan, dimana suara jengkrik bersahutan, orang bisa memperkirakan berapa suhu sekitar jangrik tersebut. Caranya dengan menghitung banyaknya jangrik berbunyi dalam 14 detik. Lalu jumlahkan dengan 40 untuk mendapatkan suhu. Kalau dalam 14 detik jangkrik mengkerik 20 kali, maka suhu sekitar hutan adalah 60 derajat Fahrenheit.

Jangkrik adalah mahluk berdarah dingin. Kalau dia berada disuatu tempat, secara otomatis metabolisme tubuhnya akan mengikuti suhu sekitarnya. Kalau suhu sekitarnya panas, maka mengkeriknya makin cepat. Fenomena ini yang dipakai orang untuk memanfaatkan Termometer Jangkrik.

Date: Tue Mar 28, 2000 2:54 pm

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com