Tatto

Thomas Alfa Edison ternyata pernah menciptakan mesin Tatto pada tahun 1816. Tatto ternyata dirajah di tubuh pemakainya dengan beberapa tujuan. Tatto asal kata bahasa Tahiti dari "tattau" yang artinya memberi tanda, ditulis dalam laporan ekspedisi James Cook pada 1769. Konon para ilmuwan pernah menemukan manusia purba yang ter-preserve dengan sempurna di gunung es dan menjadi mummi, agak keheranan melihat badan mummi tersebut penuh dengan tatto. Padahal usianya diperkirakan 3300 Sebelum Masehi. Lantas Mummi di Mesir yang berasal 2000 tahun sebelum masehi juga menggunakan tatto. Ini berarti praktek menorehkan tatto sudah dikenal beribu-ribu tahun lalu.

Jaman Romawi misalnya , para Budak dan Bromocorah di tato agar mudah dibedakan dengan budak yang lainnya. Di Tahiti, tatto menggambarkan perjalanan hidup pemakainya. Waktu akil baligh misalnya, mereka akan menambahkan tatto pada tubuhnya. Ketika menikah, ada tambahan tatto lagi. Cuma kalo Desi yang pake tato, apa yang harus di coplok. Lha cerhaii tuh. Kenapa para pelaut senangnya pakai tato ?, rupa-rupanya, kalau mereka berlabuh ke Hongkong, saking terpesaonannya dengan pelabuhan disana sebagai supenir, kulitnya di tato Naga.

Cuma kalau mereka ke Cungko (Cina beneran), atau Taiwan, apakah Tatto naganya berbeda saya tidak tahu.

Lha kenapa para Bromocorah di Indonesia malahan senang pakai Tatto, mungkin mereka belum tahu sejarah bagaimana tatto itu dipakai.

Date: Wed May 17, 2000 3:23 pm
Post a Comment

Popular posts from this blog

Nyaris bentrok antar angkatan

Meditasi Lilin bikin PeDe

Daftar Pemain Nagasasra dan Sabukinten