Tak tergoda Gado Boplo

Date: Tue Jul 2, 2002 6:55 pm

Memang lidah tidak kadang mau ber TUALANG, sekali Teteg Lempuyangan tetap Gado-gado.
Mas Mei, cerita dunk Gado-gado Teteg Sepurnya.

Dulu (1974-75) saya punya langganan Gado-gado jalan Solo, Adu-Arep dengan limun
Herkules. Jualannya mlipir, sampai sekarang wajah penjualnya dengan expresi tarian maut nguleg gado-gado masih bisa terbayang menggoda gado segar sesegar rasa gado-gadonya. Juga masih ingat kalau cabenya minta tambah, langsung wajahnya mbesengut-masam.

Misih bisa membayangkan bawang goreng plus bumbu kacang-tanah plus krupuk warna ijo, kuning plus manisnya kecap hasil olahan sang mbok bakul. Mungkin juga karena gula Jawanya yang njawani.

Orang rumah kalau diminta membuat gudeg oka oke saja. Tapi ya itu syaratnya untuk buat gudeg sangat bererot dan komplikated. Gula Jawanya saja memang harus import dari negerinya mbak Pembayun. Biar Jos. Jadi kalau ke Yogya, bisa kansnya 6:4 beli gula Jawa yang masih tangkepan seukuran BH38 (bukan nomor plat motor Jambi). Katanya, gula jawa yang njawani itu merahnya "gimmanna", aromanya "gimmmanna". Lha ya "gimmmana" saya cuma turuti saja.

Sekalipun cuma sebongsang, beratnya itu minta ampun, siapa lagi kuli angkatnya kalau bukan saya. Belum lagi kreceknya, katanya juga harus dari Yogya, kalau tidak bisa seperti rebus gelatin alias mblubur-seperti bubur Ayam Sukabumi.

Tempo hari adik saya di sono minta dikirimi krecek dari Yogya. Ya karena titip salah satu rekannya ke Amrik, cuma saya belikan sekitar 3 kilo. Nampaknya sampai ditangan sudah di pangkas menjadi 1 kilo. Wah dia ngomel kepada sang penguntit krecek. We lha gara-gara krecek ipar jadi perang dingin.

==============Original message text===============

Halo Mas Mimbar, asyik juga mengikuti tulisan tulisan ringannya. Khusus tentang gado gado ini saya pernah coba, juga gado gado yang ada di Jl Daksa Kebayoran berikut es Dogernya..

Kok rasa rasanya masih enakan gado gado Teteg di Lempuyangan Yogya ya.....mungkin karena rasa gula jawanya lebih jos.

Salam,
Meilando Pringgadani
Las Heras, Santa Cruz Argentina

Comments

Popular Posts