Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 08, 2006

Sup Berkah (Kerbau)

Date: Fri Jan 17, 2003 1:19 pm

Ini dia sup Betawi yang sudah kesohor di kawasan Cilandak dan Kebagusan. Letaknya mlipir di Outer Ring Road Selatan. Anda bisa pesan sup kerbau dengan istilah porsi besar atau porsi kecil, tidaklama kemudian makanan sudah siap saji dan tinggal di kucuri jeruk nipis, sedikit sambal. Kalau masih kurang sreg selain emping melinjo ada teman lain, tempe goreng, tahu cina goreng, perkedel. Sementara menunggu order datang, bisa juga anda menyantap Bugis manis.

Saya tidak tahu apakah Ibu Megawati nyempetin icip-icip masakan ini sebelum beliau jadi Presiden. Yang jelas warung dengan pelang nama Berkah ini pada jam-jam makan siang ramainya luar biasa. Potongan dagingnya besar-besar, kadang sering diselipkan iga kerbau muda, tapi tetap keras juga tulangnya. Karyawan Perusahaan saya memasukkan menu ini sebagai selingan dalam satu minggu. Tapi mimpi jadi direktur saja belum pernah. Juga belum pernah mimpi jadi Gubernur Penadah Mobil Curian.

Tempat parkirnya cukup luas.

Ini alamatnya:

Jalan Jeruk Purut No 22 tilp 7815652
antara Gedung Ratu Prabu dengan Mesjid Al MAGHFIROH
Arteri Arah Pondok Indah ke KampungRambutan, Wisma Raharja, Graha Elnusa,
Bursa Mobil Cilandak, SPBU Cilandak, ada pelang Ponpes Al Mahbubiyah, beluk
kiri masuk jalan Jeruk Purut. Parkir saja kendaraan didepan halaman Gedung
Ratu Prabu, dan tanya Sup Betawi Berkah yang buka dan jam sembilan pagi
sampai sembilan malam.

Porsi kecil 10.000 tahun 2003, disesuaikan Rp. 18000 (2006)
Porsi besar 12500 tahun 2003, disesuaikan Rp. 20.000 (2006)

Komentar
Ketika sawah saya masih di Landmark doeloe, jadi ya paling tidak 4 tahun yang lalu, saya pernah berburu soup kedaerah itu. Uedan tenann bok ........dari Landmark cari makan siang sampai Cilandak. Dasar ....Mungkin gara-gara pada suka makan didaerah selatan itu ARCO/BP pindah office di selatan ya :-))

Disebelah utara Toll yach? Kalau nggak salah masuk kedalamnya nggak terlalu jauh kan broer? Masuknya agak miring, kayak ada taman /tanah segitiga pas di belokannya?
Cuman sumpah mati ... aku dah lupa rasanya. Namanya juga udah lama. Atau mungkin bukan itu yang dimaksud ? Heru Pramono



Tulisan singkat soal Sup Kerbau ini sedang dipelajari oleh Tabloid Kontan untuk diangkat menjadi salah satu bahan laporannya. Saya tidak tahu apakah sup ini terkenal dengan sup guyur? sebab sup guyur itu logikanya daging dipisah dari kuahnya. Setelah ada yang order, maka baru diguyur kuah. Kalau lihat metode memasaknya, mungkin saja Sup Berkah itu bukan Sup Guyur. Lebih kacau lagi mulut saya berulangkali bilang Saoto Berkah, sampai-sampai oleh kasirnya dikoreksi, bukan soto pak tapi suppppH. Dan ada yang baru tahu bahwa Sup tersebut adalah daging Kalabau, tetapi terlanjur uenak tenaan. Mas Untung Supeno mana komentarnya???? Apa sibuk ke Cirebon? Tentang Ikan Gabus, ada yang tanya sup Gabus terkenal dimana?
Dan sayangnya saya belum tahu...

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com