Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 05, 2006

Sup Ayam Berkhasiat

Date: Wed Nov 29, 2000 4:17 pm

KETIKA anak menderita demam, para orang tua sering menyodorkan sup ayam hangat. Tak salah. Tradisi yang semula mungkin hanya dimaksudkan untuk membangkitkan selera makan-yang melorot ketika sakit-itu ternyata memang berguna untuk membantu orang yang sedang terserang demam. Sup ayam mengandung sejumlah komponen yang mempengaruhi sistem imunitas tubuh. Hal itu dibuktikan tim peneliti dari Pusat Kesehatan Universitas Nebraska, Amerika Serikat.

Menurut Stephen Rennard, dokter spesialis paru-paru yang meneliti setelah terinspirasi oleh sup buatan istrinya, sup memiliki pula khasiat sebagai antiperadangan. "Jadi, bisa dimengerti kenapa sup bisa meringankan luka di kerongkongan dan meringankan penderitaan karena demam dan flu," katanya kepada Reuters, yang pekan lalu memublikasikan riset yang dimuat di jurnal Chest itu.

Penelitian tim Rennard sebenarnya bukan penelitian klinis yang mencobakan sup ayam pada penderita demam. Namun, melalui riset laboratorium, Rennard dan kawan-kawan bisa membuktikan manfaat obat yang terkandung dalam sup. Itu karena, di laboratorium, Rennard juga mempelajari peradangan, luka, dan mekanisme perbaikannya pada paru-paru.

Sup ayam yang diteliti tak bergaram dan antara lain terbuat dari ayam, bawang, wortel, seledri, lobak, ubi, dan semacam bakso. Riset laboratorium tak hanya dilakukan terhadap sup keseluruhan, tapi juga berbagai komponennya. Uji laboratorium memperlihatkan, baik sup ayam maupun kandungannya dapat membantu menghentikan pergerakan neutrophil. Efek ini tidak terjadi pada air biasa yang juga diuji sebagai kontrol.
Neutrophil adalah sel darah putih-pemakan bakteri dan remah-remah sel-yang dikeluarkan dalam jumlah besar ketika tubuh terinfeksi virus. Aktivitas neutrophil dapat merangsang keluarnya lendir yang mungkin menjadi penyebab batuk dan hidung meler akibat terjadinya infeksi di saluran pernapasan atas. Dulu orang meyakini uap hangat sup-lah yang membuat pernapasan menjadi lega. Mungkin saja. Yang jelas, secara ilmiah telah terbukti bahwa komponen dalam sup ayam membantu melegakan hidung tersumbat karena demam.

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com