Somay Menteng depan Apotik Jawa

Date: Wed Jun 26, 2002 10:01 pm

SOMAY MENTENG

Anda yang kerap melalui jalan HOS Cokroaminoto pasti akan melihat Menteng Plaza, lalu Lippo Bank dan Apotik Jawa (sekarang Guardian). Diantara deretan penjual mangkal dipinggir jalan, tersebutlah Somay Menteng yang sudah kesohor-hor. Wah yang makan mulai dari berpenutup lengkap sampai yang ngablak-blak. Yang jalan kaki sampai yang pakai BMW. Apalagi kalau malam. Sekali tempo saya lihat seorang roker perempuan berkulit terang yang waktu belum cerai, sedang mengudap disana. Lantaran waktu itu belum heboh ada perempuan "turne" di tempat produsernya, ya saya kurang tanggap.

Jam pelayanan somay menteng adalah 11:00 sampai malam. Ancer-ancer harga?, jajanan yang sudah berdiri sejak 1970-an ini seporsi Rp. 7500. Tapi kalau anda piker anda sedang mengidap malaria, ya boleh saja tambah pare. Sayangnya penjualnya tidak ada yang namanya Joko, jadi kurang klop kalau diplesetkan jadi Joko Pare-Pare.

Tapi jangan salah, anda tidak akan menemukan penjual somay dengan tulisan Somay Menteng sebab ini melulu usaha Hendi dan kerabatnya. Sekalipun omzet penjualan mereka 2 ribu potong, sudah termasuk kentang, somay, kol, tahu dan telur. Tak sepercikpun niat mereka membuka gerai berair pendingin.

Dengan bumbu kacang yang tidak dicampur kacang mete. Hendipun meneken kontrak permintaan katering disini. Lantaran mereka tinggal di Bekasi maka dipakailah alamat Jl. HOS Cokroaminoto sebagai pusat usaha mereka. Tidak perlu pakai jas, tidak perlu pakai kursi empuk eyup atau pulpen berkepala putih.

Kenapa mereka mangkal didepan apotik, sepertinya bukan kebetulan, sebab kalau suatu kelak anda makan somay ikan-tenggiri lalu terkena alergi ikan, maka anda bisa lari ke Apotik sebelah untuk membeli sekedar avil atau incidal. Saya pernah sih mengalaminya. Sial bener.

Jadi kalau anda melihat gerobak aluminium dengan ukuran super besar, sambalkacang tanah encer, kecap, maka itulah siomay menteng yang beken itu.
Post a Comment

Popular posts from this blog

Nyaris bentrok antar angkatan

Daftar Pemain Nagasasra dan Sabukinten

Meditasi Lilin bikin PeDe