Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 08, 2006

Setor Cash di ATM

Hari Sabtu dan Minggu adalah hari libur bagi perkantoran termasuk bisnis perbankan, tidak terkecuali di Singapore. Padahal Lia harus mentransfer sejumlah cash untuk keperluan pembayaran apartemennya. Pasalnya sebagai anak kos jelas saldo rekeningnya tidak mencukupi. Kalau ia harus menunggu sampai hari Senin bisa-bisa dikenai denda yang cukup "significant" (wah keren bahasanya). Sekarang bagaimana caranya menyampaikan cash tersebut dalam waktu yang seksama dan tempo yang sesingkat-singkatnya (tanpa ditambahkan atas nama bangsa Indonesia dst...)

Mula-mula ia mendatangia ATM atau tepatnya anjungan Cash Deposit. Tangannya dengan cekatan mengisi pertanyaan di layar monitor dan Gedubrak, sebuah baki plastik muncul dari mulut ATM disertai selembar formulir yang memerincikan harga nominal yang didepositnya. Misalnya pecahan puluhan dollar, pecahan limanan sampai ke pecahan satuan.

Lalu formulir dan uang tadi dimasukkan kembali kedalam mulut ATM, dan gedubrak Voila uang tadi sudah dikredit kedalam rekeningnya. Dari sini ia menuju ATM yang cuma 30 cm jaraknya, langsung melakukan transaksi yang diinginkan. Sangat praktis.

Ini sangat berbeda di tempat kita yang sebetulnya para pegawai seperti saya cuma punya waktu luang Sabtu dan Minggu, justru pada hari tersebut kantor semacam bank malahan tutup. Akibatnya transaksi dan keperluan bank dilakukan pada saat jam kantor, yang berarti mengurangi efektivitas di kantor itu sendiri. Seorang teman di Cirebon selalu mengomel kepada sekretarisnya yang lepas jam makan 11:30 selalu mblandang kebablasan sampai jam 14:00 lantaran mampir dahulu ke bank untuk setor uang dsb.

Date: Fri Sep 20, 2002 9:20 am

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com