Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 18, 2006

Sapi menghalangi operasi kemanusiaan di Aceh

Nampaknya bantuan makanan, pakaian dan obat-obatan untuk pengungsi Aceh sempat terhenti beberapa jam. Contohnya sebuah pesawat terpaksa harus berhenti di landasan pacu lantaran salah satu sayapnya rusak setelah menabrak sapi yang berkeliaran sekitar landasan. Demikian koran "The Age" Australia menyebutan. Tetapi media massa di Indo mengatakan "cuma tergelincir." Boeing 737 dari TRI-MG yang membawa Cargo tadi pagi dilaporkan telah menabrak seekor sapi sehingga mengakibatkan kerusakan bagian bawah pesawat "undercarriage" dan sayap kiri. Akibatnya penerbangan sempat terhenti sampai beberapa jam sebab tidak ada sarana memadai untuk menggeser pesawat.

Kapten Larry Burt yang memimpin pasukan dari Angkatan Laut Amerika mengatakan bahwa ini kecelakaan serius. Mereka harus berpacu dengan waktu untuk menolong penduduk yang kelaparan, tapi harus menyerah gara-gara seekor sapi. "Tidak ada dalam benak kami bahwa seekor sapi mampu menghentikan operasi kemanusiaan," kata Kapten yang membawahi Kapal Induk Abraham Lincoln ini. Padahal inilah satu-satunya lapangan terbang yang bisa dioperasikan di Aceh. Diperlukan alat-alat berat untuk menggeser badan pesawat. Foto kerusakan pesawat sudah dikirimkan keruang operasi Kapal Induk Abraham Lincoln guna diteliti kemungkinan mendatangkan bantuan. "Tapi jangan heran foto yang lain-lain biasanya juga sudah mulai dikompilasi".

Saat ini para ahli sedang mendongkrak bagian pesawat yang rusak sehingga bisa dilas ulang dan pesawat bisa bergeser. Sekalipun terhalang, masih tersisa 5400 kaki landasan pacu yang bisa diharapkan masih bisa digunakan untuk pendaratan pesawat jenis Hercules. "Indonesia mulai terorganisir. Tiap hari mereka memohon kami agar bantuan segera diteruskan," katanya

Date: Wed Jan 5, 2005 7:18 am

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com