Salesman dan Gembala

Date: Mon Mar 29, 2004 10:37 am 13203

Seorang salesman minyak nampak terlibat obrolan ringan dengan seorang gembala kambing. Lalu salesman tadi bertanya mengenai jumlah kambing yang dimilikinya.

"Sekitar 125 ekor, kalau nggak salah, habis susah sih kalau dihitung satu persatu..." jawab si gembala ragu.

Lalu salesman menawarkan sebuah cara yang mudah untuk menghitung domba dengan menempelkan sejenis "chip" yang kalau melewati pintu masuk kandang akan menjumlah satu persatu. Jadi sang gembala tinggal melihat jumlah domba secara keseluruhan.

Setelah chip selesai terpasang lalu di uji coba ternyata jumlah domba sang gembala adalah 130 ekor lengkap dengan jumlah jantan dan betinanya (bahkan ada 2 diantaranya sedang bunting.."

"Luar biasa," kata sang penggembala. Lalu ia bermaksud melaporkan penemuannya kepada sang juragan pemilik kambing.

"Betul kan kata saya, dengan teknologi kami, menghitung kambing menjadi mudah tetapi sangat akurat. Jadi anda setuju untuk membeli produk kami kan." kata sang sales-man.

Transaksi pemasangan chip dengan harga khusus yaitu 15 juta rupiah terjadilah. Mereka bersalaman sementara sang salesman tersenyum lebar. Kalau satu domba gemuk harganya katakanlah 1 juta, dia "gaining" lima juta rupiah setelah membuang uang 15 juta rupiah...

Di hitung atau tidak sebetulnya dombanya memang 130 ekor.

Mimbar Seputro
"History of hidden cost"
Post a Comment

Popular posts from this blog

Nyaris bentrok antar angkatan

Daftar Pemain Nagasasra dan Sabukinten

Meditasi Lilin bikin PeDe