Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 10, 2006

Pulau Onrust

Tatkala dollar masih mantab, tapi rupiah yang jungkir balik lalu menyelam sampai paling dalam, ada usulan orang pinter untuk menyewakan kepulauan Seribu sehingga uangnya bisa dipakai membiayai kehidupan yang terpuruk waktu itu (dan tetep sampai sekarang). Ini mengambil teknik sewa dari pulau Hongkong kepada Inggris. Usulan tersebut ternyata di-prek- saja. Karena kita lebih suka pakai Tabib IMF yang seperti kita ketahui selain malpraktek, juga wanprestasi.

Usulan ini ternyata tidak original. Contohnya Kompeni sejak dulu sudah menyewakan kepulauan Seribu dengan biaya 800 gulden per bulan. Penyewanya adalah para pachter yang maklum sekali bahwa dari pulau ini ada ikan, teripang, batu karang dan kayu yang diperkirakan bernilai 100 gulden per hari. Singkat kata dengan 8 hari produksi, lunas sewa setahun. Namun tidak diceritakan bagaimana Sukun Kuning yang rasanya kenyal, garing dan nikmat kok tidak masuk hitungan. Mungkin daya "nggragasnya" orang jaman dulu belum sampai tahap sekarang.

Tetapi lama kelamaan daya tarik Pulau Seribu mulai memudar, sekalipun sedang Terang Bulan. [lagu Tety Kadi, kalau ada yang sudah lahir]. Akhirnya pulau ini cuma untuk jual beli Candu yang monopolinya di ambil oleh VOC. Alasan VOC mirip alasan kita merokok, belastingnya besar, karyawan yang terlibat juga ombyokan. Jadi kalau mau bilang merokok membantu negara, para punggawa VOC bilang "apalagi Candu" lebih guede lagi untung dan cukainya Bo...

Kepulauan Seribu memang akhirnya kondang sebagai kepulauan Candu. Dan disewakan kepemilikannya kepada para pemborong (pachter) Candu. Alasannya dengan menawarkan hak sewa kepada para pachter candu yang dilindungi oleh "opium regie" tujuannya untuk mencegah kegiatan penyelundup candu. Dari beberapa pulau yang disewakan maka pulau Amsterdam dan Onrust yang paling terkenal.

Pulau Onrust pada 1615 sudah dipakai sebagai sentra kapal yang membuat kagum dunia lantaran kelengkapannya, kecepatannya dan fasilitas kerjanya yang tidak bisa ditemukan dinegeri lain.James Cook dalam perjalanan keliling dunia 1775 dengan kapal legendarisnya "ENDEAVOR" pernah mampir untuk menjalani perbaikan.

Nama Onrust sebetulnya berarti "tak pernah berhenti bergerak."

Selama hampir 2 abad surga Belanda ini berlangsung sampai pada 1810, ketika pasukan Inggris pimpinan Edward Pellew menghancurkan semua fasilitas yang ada di pulau Onrust. Cucunya Edward nanti malahan lebih licik lagi, kapal terbang sudah dibeli lunas tetapi tidak boleh dipakai perang, kecuali buat pajangan.

Ketika Inggris hengkang pada 1816, maka yang ditinggalkan adalah kehancuran. Sejak itu nama pulau Onrust seperti sudah dilupakan orang. Tahun 1827 atas order Van der Capellen, onrust dicoba dibangkitkan kembali. Tetapi orang sudah mulai melirik tempat lain yang lebih ciamiik, yaitu Pelaboehan Tanjoeng Priok (1877-1883)

--ooo---

Adalah Toewan Twijsel seorang mantan penggawe kompeni dari pulau Muntok (Bangka), yang tergolong konglomerat pulau yang menguasai erfpacht (ijin mengeksploitasi pulau).

Dan herannya dengan sewa yang murah (cuma 8 hari kerja), entoch tender HPP (Hak Penguasaan Pulau), tiap tahun jatuh ke Twijsel. Dan menurut sinyalemen miring, Twijsel memberikan upeti cukup besar kepada para pembesar kompeni sehingga lelang terbuka atas kepulauan seribu tidak pernah dilakukan. Selalu main kontrak dibawah tangan.

Terhadap masalah ini koran Bintang Betawi menulis "kita berharap gubernemen jangan pilih kasih erfpacht secara bawah tangan kepada toean Twujsel, tetapi sebaiknya di lakukan pelelangan didepan orang banyak, sehingga siapa yang menawar dengan harga tinggi yang memperoleh hak itu."

Sayang harapan itu tidak pernah terwujut, Kumpeni lebih senang memberikan hak eksploitasi bernilai 800 gulden per bulan kepada Twijsel yang sekalipun murah tetapi oepetinya tinggi.

Yang tersisa dari pulau Onrust adalah cewek bernama Maria van Veldeslyk. Ia meninggal pada 1693 dan kini menjadi hantu yang pernah ditangkap kamera TV-7 dalam acaranya "tim ekspedisi alam gaib," wajahnya terpahat didinding gaib lebih mirip encim cina daripada orang Belanda.

Ada nama lain yaitu Cornelius Willemse Vogel yang pernah menjadi Baas van Onrust (1695-1738). Baas dalam bahasa belanda adalah Kepala atau pengawas. Istilah Baas inilah diambil alih oleh lidah kita menjadi Boss. Perhatikan menulisnya.

Kini pulau yang tidak pernah beristirahat itu, harus mengakui kemauan sejarah. Ia beristirahat selama-lamanya.


Date: Wed Jun 11, 2003 3:31 pm

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com