Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 04, 2006

PKZIP

Rasanya masih segar diingatan saya ketika teman saya Jerry Jayasaputra "mengintrodusir" suatu software yang kami PKZIP dan PUNZIP. Tidak terhitung jasa beliau yang rela softwarenya digunakan secara shareware selama satu kurun waktu. Pada waktu itu, internet belumlah seperti sekarang. Masih sayup sayup terdengar dan terbaca di majalah komputer luar negeri. Jerry sudah menjadi admin BBS yaitu Extra Pro.
Kami masih menggunakan modem seharga US110 dengan kecepatan alamak, 2400 bps. Akibatnya banyak file yang memerlukan waktu berjam-jam untuk didownload.

Tiba-tiba, ia bilang "filenya di kompres saja, biar irit tempat dan sekaligus irit waktu download." Menurutnya bisa di kompress sampai 3 kali lebih irit. Wooow!!!! pasti suatu revolusi teknologi. Tentu saja saya bisa jawab "kompresnya pakai air es atau air hangat ?", tahunya kalau kompres hanyalah untuk orang yang sakit panas.

Sejak itulah perbendaharaan kata saya dimasuki kata ZIP (yang juga saya kira hubungannya dengan korek api ZIPPO, ting!)

Penulis program itu Philip W. Katz, baru-baru ini meninggal dunia karena sakit dalam usia sangat produktip, 37 tahun. Pada 1986 ia ciptakan program yang bernama PKZip untuk merampingkan file dan PKUnzip untuk membukanya kembali. Katz akhirnya membingungkan saya dengan mengkonversi file dari akhiran .ZIP menjadi akhiran .exe sehingga buru-buru orang mengiranya attachment yang tidak suci hama.

Tahun 1989, Katz mendirikan PKware Inc. yang belakangan ini seperti tersaingi oleh WinZip. Jumlah pegawai PKWARE cuma 20 orang.

Selamat jalan Katz, kamu tidak kenal saya, tapi anda adalah orang yang mengubah dunia ini. Kata-kata "shareware" pun anda yang menciptakannya. Milyard manusia di jagad ini menggunakan karyamu.


Date: Wed May 3, 2000 3:57 pm

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com