Perlengkapan minim Aparat

Date: Sat Dec 25, 1999 11:20 pm

Setiap kali mendengar berita adanya korban yang berjatuhan dari pihak aparat keamanan yang bertugas di Aceh, atau tewasnya seorang anggota Brimob akibat tertembak di perbatasan Timor Timur dengan NTT, atau melihat tayangan kerusuhan di Ambon, saya mulai mengamati perlengkapan aparat kita ternyata jauh dari persyaratan standar militer. Kecuali senjata api, maka praktis aparat kita tidak terlindungi sama sekali dari kemungkinan tertembak. Dan tayangan di TV cukup jelas, bagaimana luka tembak umumnya terjadi dibagian dada para korban.

Ini jauh berbeda bila dibandingkan perlengkapan ala "robocop" yang dikenakan aparat ketika menghadapi mahasiswa. Padahal semua tahu mahasiswa paling bersenjata batu atau pentungan sehingga kemungkinan buruk yang terjadi tidak sampai membawa korban jiwa.

Padahal kalau melihat perlengkapan pasukan dari Interfet yang begitu turun dari pesawat, bertopi Baja, mengenakan rompi anti peluru, rasanya kita masih jauh tertinggal.

Apakah ini tidak menjadikan perhatian para petinggi, akan berapa banyak korban yang relatip masih belia dan konon bergaji dibawah standar ini akan berjatuhan hanya karena perlengkapan militer yang tidak memenuhi standar?.

Saya sungguh prihatin.
Post a Comment

Popular posts from this blog

Nyaris bentrok antar angkatan

Daftar Pemain Nagasasra dan Sabukinten

Meditasi Lilin bikin PeDe