Perfectionis

Anda tahu orang yang perfeksionis, dari berpakaian harus match, detil njlimet. Kalau menulis surat harus lengkap 4w+1 h, melakukan spelling check sampai yakin tidak ada kesalahan tulis. Kalau belajar bahasa asing takut didengar orang lain karena kuatir grammarnya tidak sempurna. Baru mau mempraktekan kemampuannya kalau sudah sempurna bahasa asingnya.

Kalau jadi penulis, tidak akan mengirimkan tulisannya sampai dia yakin semua detail sudah dikoreksi. Atau kalau ikutan milis group takut tulisannya itu cuma "ngajari buaya berenang". Alias informasi basi.

Padahal mana ada sih hidup ini zonder trial and error.

Saya pernah punya "boss" yang sangat ahli melihat kelemahan bawahannya. Ketika presentasi, misalnya, dia hanya mencatat dimana kita melakukan kesalahan, mulai dari spelling, sikap bicara, atau materi presentasi itu sendiri. Tidak pernah misalnya ia membesarkan hati bawahan dengan kata yang adem dan membesarkan. Saking sebelnya ketika upacara jamuan makan malam perpisahannya, saya sengaja tidak datang. Memang sempat geger, tetapi nampaknya ia mulai mengerti isyarat yang saya berikan.

Boss asal Perancis ini ternyata pendendam. Ia menjadikan saya kandidat utama yang harus dipecat dari perusahaan yang dipimpinnya.

Mengapa ini terjadi, perfectionis? mungkin, tapi kalau dilihat dari segi negatifnya, umumnya jenis ini tergolong takut dicemooh, takut malu, takut gagal, takut ditolak. Orang begini biasanya "dipuji" atau "dicemooh" menjadi masalah sangat besar dalam hidupnya.

Membaca riwayat Bunda Iffet yang membesarkan group band Slank. Menurut kaidah persenian, syair nya slengekan, dimata kaum perfectionis Slank bukan apa-apa, tidak bakalan jadi sebuah band besar. Tapi kenyatannya, group band ini sangat diidolakan. Syair "Balikin oh balikin," bener-bener syair yang badung" juga.

Bob Urichuck dalam judulnya "Online for life. the 12 diciplines for Living Your Dream," merumuskan 12 hak anda, termasuk salah satunya hak untuk gagal dan salah. Tak perlu malu dicemooh saat jatuh, sebagaimana tak usah mabok ketika di puji.
Jadi jangan takut gagal dan salah. Itu hak anda.
Bo Wero Tips ke 10

22/4/2004
Post a Comment

Popular posts from this blog

Nyaris bentrok antar angkatan

Daftar Pemain Nagasasra dan Sabukinten

Meditasi Lilin bikin PeDe