Parahkah anda mengemudi kendaraan?

Date: Fri Feb 6, 2004 9:19 am 12843

Sejak para selebrities diobok-obok oleh supir-supir pribadi mereka sendiri (tahu kan kasus Kris dan Elma), maka menggunakan supir seperti tidak disukai. Dari dulu supir dianggap sebagai tukang judi, nilep bensin, toll sampai menjadi "nara sumber" atas perselingkuhan. Hanya saat itu belum ada yang "menjadi penyelamat kebobrokan moral" dengan mengumumkan kasus majikannya ke mass media.

*****

Sebuah situs menulis bahwa kebiasaan buruk dari para pengemudi mempunyai range dari ngebut sampai makan dibelakang setir. Di Boston dilakukan sebuah percobaan melibatkan 30 supir berkasus. Setelah dikumpulkan maka ketigapuluh orang ini memiliki catatan seperti 84 kecelakaan, 49 speeding ticket, 39 melanggar rambu dan 92
kasus parkir ditempat terlarang.

Kepada mereka diberikan serangkai pertanyaan.

1.BILA ANDA BERADA DI LAMPU MERAH, LALU TIDAK ADA MOBIL DARI ARAH BERLAWANAN, TIDAK ADA KENDARAAN DARI KIRI KANAN APAKAH ANDA TANCAP TERUS GAS. Kenyataannya 87% pengemudi bilang, "makan saja lampu merah" selama tidak merugikan orang lain.

2.APAKAH ANDA AKTIP MENGGUNAKAN HAPE SEMBARI MENGEMUDI? 77% responden menjawab, ya sering. Sementara 13% lainnya menjawab untuk meminggirkan kendaraan sebelum menjawab panggilan tilpun.

3.APAKAH ANDA MAKAN ATAU MINUM SEMBARI NYUPIR? 60% Menjawab ya sering, namun ada tambahan. Kalau kopi atau makanan tiumpah dimobil, saya sekalian membersihkannya sambil nyupir pakai satu tangan.

4.KALAU ANDA PARKIR DI MALL, APAKAH PERHATIAN ANDA BEGITU TERPUSAT SAMPAI-SAMPAI TIDAK MENYADARI ADANYA PERSIMPANGAN ATAU ORANG SEKITAR ANDA. 50% responden mengatakan, mereka begitu terpusat dengan sulitnya mencari tempat parkir sehingga sering mengabaikan pengguna jalan lain.

5. APAKAH ANDA MERASA SEBEL JIKA BERADA DI BELAKANG TRUK/BUS YANG MENGGANGGU PANDANGAN ANDA? 60% menjawab berkendaraan dibelakang mobil besar membuat frustrasi, jadi berupaya untuk segera menyusulnya. Tetapi ada yang mengusulkan untuk membuat jalur tersendiri bagi truk dsb.

6. APAKAH SIKAP MENGEMUDI ANDA BERUBAH KETIKA MELIHAT POLISI DIPINGGIR JALAN? Hampir seluruhnya menjawab bahwa mereka jadi sangat berhati-hati ketika melihat polisi.

7. APAKAH MENDENGARKAN MUSIK MEMBUAT ANDA LUPA SEKELILING. 93% menjawab selalu mendengarkan radio saat mengemudi. Ada yang menjawab tergantung musiknya, musik keras membuat mereka lebih agresif di jalan raya.

8. APAKAH ANDA MEMILIKI HOBBY CARI GARA-GARA DENGAN PENGEMUDI LAIN ?
87% Mengatakan bahwa cara mengemudi mereka sudah sangat baik. Orang lainlah yang mengemudikan kendaraan sembrono. Itulah alasannya mengapa mereka sering marah kepada penghemudi lain yang dipandangnya sembrono.

Tetapi semua merasa senang kepada orang yang memperlihatkan rasa terimakasih berupa lambaian tangan, anggukan, senyum saat diberi jalan.

9. APAKAH ANDA SERING MENGANTUK DIJALAN. 50% menjawab umumnya mereka merasa mengantuk saat mengemudi. 10% menyatakan bahkan rasanya ingin menutup mata sesaat saat mengemudi.

10. APAKAH ANDA SELALU BICARA SAAT MENGEMUDI. Hampir semua group mengatakan bahwa mereka berbicara dengan teman sebelah kadang sambil menolehkan kepalanya. Apalagi kalau membawa anak kecil.

Kalau sepuluh pertanyaan diatas dijawab "ya", disarankan segera memperbaharui polis asuransi mobil secepatnya.

Comments

Popular Posts