Mind_Setting

Masih kecil, di kampungnya, mbayat, penulis “Bo WERO” sering melihat jejak asap bekas pesawat terbang supersonik di Angkasa. Jejak panjang ini menimbulkan jejak kekaguman sekaligus pembelajaran baginya.

Sebelum PD II, tidak ada orang yang percaya bahwa orang bisa melesat dengan kecepatan melebihi suara yaitu 300 meter per detik. Bila pesawat melesat pada kecepatan diatas 300 m/detik yang terjadi adalah pesawat tersebut akan hancur berkeping. Alasannya adanya “sound barrier” menimbulkan efek cemeti dst.

Kecuali satu orang yang menentang teorema tersebut. Dialah Chuck Yeager.

Chuck yang pilot berkeyakinan bahwa orang bisa menerbangkan pesawat supersonic tanpa harus meledak. Dan pendapatnya ditertawai orang sebagai misi bunuh diri. Berikan saya pesawat supersonik, saya akan buktikan pendapat anda salah besar.

Dengan pesawat Bell X-1, pada 14 Oktober 1947, Chuck membuktikan bahwa pesawat dengan kecepatan melebihi suara, seperti yang kita ketahui sekarang tidak menimbulkan efek yang ditakutkan para ahli selama ini. Beruntung dunia memiliki orang semacam Chuck Yeager yang berani menembus barikade "Setting" dan mengubahnya. Barikade ini adalah penjara yang kita buat sendiri.

Ambil contoh “tak mungkin aku akan menjadi ahli, lha aku bukan pendidikan tinggi, lha wong orang tuaku tidak mampu membiayai sekolah.”

Mengapa tidak dicari alternatip solusi seperti mencari beasiswa ataupun ikatan dinas. Bill Gates, ahli komputer, super kaya dalam usia 30 tahun, adalah seorang drop-out sekolahan. Dan sekarang lulusan Universitas terbaik, bergengsi di dunia berlomba bekerja kepada sang drop-out ini.

Lihat “pakar dadakan” di televisi. Berulang ulang mengatakan, dunia bisnis Indonesia sudah terpuruk, "hopeless" jangan harap bisa menaikkan omzet penjualan karena situasi politik cuma menghasilkan krisis ekonomi yang lebih akut lagi!.”

Orang demikian hanya mempersempit “mindsetting” kita. Seakan kita adalah mahluk lemah tak berdaya.

Jadi rintangan terbesar dari kita adalah kita sendiri. Kita sudah memasang “mindsetting” – yaitu “tidak mungkin, tidak bisa, biasanya gagal.” Ilusi ini yang mengakibatkan orang tidak berani bermimpi untuk beranjak dari dunia
mereka.

Dengan mengubah “midsetting” Chuck Yeager membuktikan pesawat supersonik bukan impian, dan waktu perjalanan bisa di pangkas secara significant. Mindsetting berada dalam diri kita, mau diperluas okey, mau dipersempit ya bisa.

Penulis waktu itu memang tidak berfikiran suatu saat bisa menikmati perjalanan Heatrow – Sydney pulang pergi, maklum pikiran anak desa. Tetapi asap panjang yang ditinggalkannya membekas sampai terinspirasi menjadi buku “Bo Wero”.

Jakarta 15 maret 2003
MBS

Comments

Popular Posts