Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 03, 2006

Menulis - Cara Panjangkan Umur

Date: Wed Mar 1, 2000 8:26 am

Menulis: Cara Gampang Berumur Panjang

Dalam salah satu bukunya, Ageless Body, Timeless Mind, Dr. Deepak Chopra, seorang guru spiritual yang saat ini sedang populer di Amerika Serikat, menulis enam hal penting untuk mendapat umur panjang:

1. Berespon secara kreatif terhadap perubahan.
2. Menurunkan kecemasan.
3. Memusatkan kemampuan untuk mencipta dan menemukan.
4. Mempertahankan tingkat adaptabilitas dan fleksibilitas yang tinggi.
5. Mengintegrasikan hal dan gagasan baru ke dalam hidup.
6. Berkeinginan untuk tetap hidup.

Keenam hal itu menurut Dr. David Ryback, dalam bukunya Looks Ten Year Younger, Live Ten Year Longer, A Man's Guide, dapat dilakukan sekaligus dalam satu kegiatan yaitu dengan menulis.

Untuk kegiatan ini, Anda tak perlu merisaukan kemampuan Anda. Cukup tuliskan saja otobiografi Anda sendiri seolah buku semacam itu ditakdirkan akan menjadi best-seller.

"Yakinlah bahwa kehidupan setiap orang penuh dengan kisah. Galilah masalah Anda sendiri, apa yang membuat Anda tergoda, apa pesan moral yang dapat diserap dari kisah hidup Anda itu, apa persoalan yang benar-benar menarik perhatian dan perlu ditindak lanjuti, semua itu merupakan bahan matang untuk menjadi tulisan," kata Ryback.

Lebih dari itu, tambahnya, kegiatan tersebut akan membuat Anda mengikuti langkah demi langkah seperti enam hal penting yang dirumuskan Chopra sebagai prasyarat memperoleh umur panjang. Karena itu jangan ragu untuk mulai menulis. Sekarang juga. @ JJ Waskito

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com