Manajement by Sontoloyo

Tatkala mulai merasakan licinnya petro_perak, lho saya belum pernah dibayar dollar JE!, juragan saya waktu itu sebut saja Ipung pernah bersabda "kerja yang tekun, rajin, nanti reward akan datang sendiri..." Tapi kalau saya perhatikan juragan itu sepertinya kerjanya hahahihi ditilpun, ngobrol sana ngobrol sini, pukul bola kecil kalau bisa masuk lubang suenengnya bukan kepalang, apalagi sambil melakukan bet dari gocap sampai cetiauw lantas naik lagi.

Eh belakangan dia memiliki sebuah konsesi minyak. Saya tidak tahu sistem manajemen apa yang dia praktekan, sebab saya lihat ada banyak patron dalam manajemen, bahkan ada "management by heart" yang kalau dieja-eja sih tidak lebih dari semacam gaya manajemen suka-suka hati gue....

Saya semula mengikuti anjuran orang yang saya kagumi tadi, tapi berangkat lima tahun perusahaan di jual ke pihak lain, dan akhirnya hari-hari dengar wejangan "kencangkan ikat pinggang." Sekarang susah, besok siapa tahu tetep (susah).

Working Smart Not Hard

Seorang teman begitu tekun bekerja, berangkat kantor jam tujuh kurang, pulang bisa jam 19 bisa jam 21 tanpa lembur, hari Sabtu masuk dengan alasan piket. Minggu kalau perlu datang ke kantor. Dia sampai tidak punya waktu untuk menyentuh komputernya. Dalam suatu acara halal bihalal saya ketemu dia "ada lowongan kerja diluar negeri nggak? soalnya perusahaanku sekarang dipimpin orang Sontoloyo," katanya sedikit menggerutu. Nampaknya dia bermaksud tinggal gelanggang colong playu, setelah hampir 25 tahun bekerja..

Omigod, Inikah reward atas seorang "dedikator" yang bekerja puluhan tahun? ketakutan, dan akhirnya melahirkan frustrasi. Belum lagi reward yang diberikan tubuh, mulai dari darah tinggi, diabetes, wasir.....

Pagi tadi di sebuah toko buku sepintas saya lihat judul "Smart Manager" - Asli, saya sudah nggak kepingin menyentuhnya lantaran saya lebih percaya hal berbau magis daripada MLM seperti "Smart!" "Poweful!" "Luar biasa! sungguh luar biasa!", tapi seperti ada magnet, saya baca juga buku ini, sementara buku pilihan utama tentang Ikan Bawal Darat dan Patin, saya tumpuk dibawahnya.

Isinya ternyata "agak" luar biasa, "agak" spektakuler, "agak" powerful (biar tidak bau MLM)...

Ada rumus yang dibuat penulis unik tadi yaitu Tiga cerdik Empat Sempurna....

Rumus 1. Membawa pekerjaan dari kantor ke rumah adalah GOBLOK. [Kasar ya...]
Rumus 2. Kalau kerjaan di kantor diselesaikan di kantor, kerjaan rumah diselesaikan di rumah, LUMAYAN!
Rumus 3. Pekerjaan di rumahdikerjakan di kantor, CERDIK!
Rumus 4. Membawa mainan dan kesenangan ke kantor, SEMPURNA!

Sekalipun banyak diantara kita melakukan hal seperti diatas, tetapi etika ketimuran dan hipokrisi biasanya menutup-tutupi semua diatas. Penulisnya saja pakai nama samaran Markus....

Dengan rumus diatas dia bisa klaim. "Saya bisa ngobrol di kafe berjam-jam, bisa meninggalkan kantor jam 4 sore, meninggalkan rapat penting untuk merokok, bisa ngeloyor pergi ketika orang penting sedang berdebat dalam suatu rapat, dan masih dapat kenaikan gaji untuk itu..."

Gilanya lagi dia bilang tulis buku "sontoloyo" tadi diselesaikannya pada jam kantor.

Menulis, ini dia.... serius lho, penulis menyarankan pelaku bisnis sontoloyo untuk banyak menulis [SETUJU! BANGGGGET]. Menulis itu spesies langka di negeri ini, buktinya banyak orang dengan gelar dan jabatan seabreg, tetapi tidak menyadari pentingna tulisan dan dokumentasi. Paling sederhana adalah membiasakan menulis rencana yang akan dilakukan besok. Dengan membiasakan membuat "kartu rencana" maka pekerjaan bisa dilakukan tanpa grubag grubuk, dan waktu yang luang bisa diisi dengan hal yang bersifat kesenangan.

Pepatah plesetan si sontoloyo tadi berbunyi " Jika anda harus lama berakit-rakit kehulu sebelum berenang ketepian, mendingan cari sungai yang lain, jangan-jangan yang dipikir sungai sebetulnya lautan luas. Kapan nyampenya...?

Say no to pepatah "No Pain No Gain" ganti jadi "No Pain, All Gain..."

SONTOLOYO JUGA TU PENULIS YAH...
Post a Comment

Popular posts from this blog

Nyaris bentrok antar angkatan

Daftar Pemain Nagasasra dan Sabukinten

Meditasi Lilin bikin PeDe