Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 02, 2006

Mak Encas si penunggu orang Sakit

Date: Mon Dec 6, 1999 12:57 pm


Tetangga saya, sang suami berprofesi sebagai Petugas Kebersihan RT pada siang hari, menjadi penjaga malam (malam hari so pasti). Mang Encas ini luar biasa, siang maupun malam hanya bercelana kolor. Kalau jaga malam, bisa tidur nyenyak dikerubungi nyamuk Grogol terkenal "anker" sampe simbul jangkarnya kelihatan.
Yang dahsyat lagi, dia mengaku punya istri "cuma" tiga.

Isteri mudanya, yang lebih tepat disebut, sedang dalam, MPP, Masa Persiapan Perempuan menopouse, bertugas melayani Warung Nasinya. Warung nasi ini yang bikin saya "takjub" Selain bisa buka sampai jauh malam, kadang bisa tutup selama jauh dari 7 hari.
Karena posisi warung ini selalu dilewati paling tidak dua kali sehari, yaitu pergi dan pulang kantor, maka timbul rasa ingin tahu saya. Ternyata, ibu Encas, berfungsi ganda, selain sebagai penjual nasi, ia menjalankan profesi "penunggu orang sakit".
Ini yang unik, sebab babby sitter umumnya menunggu anak kecil atau jompo. Dan uniknya lagi, tidak perlu diploma, pokoknya promosi ala getok tular. Rupanya karena belum ada kompetisi, ibu Encas bisa melelenggang pasang tarip bagi pelanggannya. Maka setiap kali saya melihat warungnya tutup, saya berpendapat bahwa dia sedang menjalankan "job"-nya

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com