Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 09, 2006

Kontroversi sebagai alat memenangkan persaingan

"Tanpa goyangannya, suaranya tidak ada apa-apanya," komentar ini datang dari seorang tokoh musik Dangdut atas penampilan siapa lagi kalau bukan Inul.

Bagi yang sudah berumur masih ingat sang pengkritik "agung dan suci" juga pernah dikecam oleh Benny Subarja, group cadas dari Bandung sebagai "musik taik kucing," akibatnya pendapat kedua tokoh diexploitasi oleh media massa.

Majalah Aktuil yang di motori oleh Remy Sylado menjadi laris manis akibat kontroversi tersebut. Hasilnya sudah bisa dilihat, nama Oma Irama melambung dengan gitarnya yang buntung dan ini hasil dari kontroversi. Ditambah dia menciptakan lagu dengan judul "MUSIK"

Saya masih ingat ketika SMP di Bandar Lampung (waktu itu pak Thabrani Daud ayah dari Alzier masih jadi Guru SMA-2) melihat Oma duduk di "buk" depan rumah melaporkan kepada polisi bahwa honornya ditilep sang penyelenggara di Lampung. Saya tidak kenal dia (masih kecil), lalu teman saya bilang itu yang namanya Oma Irama, musiknya dinamai Orkes Melayu. Kalau saja Benny Subarja tidak iseng bikin kata "taik kucing" yang lalu diralatnya dengan minta maaf, mungkin perjalanan karir Oma Irama tidak seperti sekarang.

Masih SD saya sudah dengar bisik-bisik foto telanjang milik bintang filem Nuraningsih, itulah sejarah pertama artis Indonesia berani berpose bugil. Setelah kontroversi, Nuraningsih menjadi bintang tenar. Atau Intan Perawan Kubu-nya Yattie Oktavia, mungkin takut bajunya kotor, maka pakaiannya disimpan di lemari dan dadanya ditutupi rambut yang panjang. Yattie jadi kesohor, apalagi berani menggunduli dirinya dalam sebuah adegan dan laku keras. Sukma Ayu jadi kesohor juga karena mencukur kuncung rambutnya.

Ineke Kusherawati, dari SMA sudah kesohor kalau berpakaian selalu belum jadi CD ngablak kemana-mana bukan soal baginya. Dia kesohor, kalendernya jadi kontroversi. Sekalipun ditutup rapet sekarang, ada pepatah mengatakan "kesan pertama selalu dibawa...."

Sekarang para bintang sudah takut berfoto bugil sendirian sehingga perlu mengajak pacarnya berfoto dan melakukan hubungan intim seperti gossiep VCD antara Adjie-Bella. dan keduanya naik daun, alias populer. Sederet contoh tadi setidaknya memperjelas bahwa ada kaitan erat antara kontroversi dan kesuksesan seseorang. Penyanyi goyang seronok dari Medan yang lebih panas, tetap saja jadi penyanyi kelas kampung, karena mereka tidak mendapatkan kontroversial.

Kisah hidup Inul nampaknya bisa dijadikan bahan pembelajaran, bagaimana merangkai sukses dari kelas kampung ke kelas nasional.

25 April 2003

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com