Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 10, 2006

Kolonel=Coronel=Kolum=Stripe

Secara kepangkatan di Soldadu sih Colonel atau Kolonel adalah pangkat antara Bigjen dengan Letkol. Soal Mayor, ada yang pangkatnya Sersan Mayor mintanya dipanggil Mayor saja. Ali Murtopo dalam Biografinya, walaupun pangkatnya masih rel kereta ketika kembali ke kampungnyha selalu "salah" pangkat menjadi Kapten.

Tetapi Kolonel juga diberikan semacam gelar kepada warga yang dianggap berjasa kepada negara (bagian), biasanya daerah Selatan dan Tengah Amerika yang mempunyai tradisi pemberian gelar ini. Sebut saja Kolonel Sanders (yang sebetulnya juru masak goreng Ayam) dari Kentucky atau Kolonel Drake dari Pensyllvania yang membuat kotanya terkenal akibat sumur blowout yang malah jadi sumur sejarah.

Coba kalau persepsi Kolonel Drake adalah linear alias "normal", maka ketika terjadi sumur blowout dia akan mencari kesalahan Juru Bor, dan Mudlogger (kalau dulu ada), mengapa sumur bisa blowout. Dan mungkin nama Kolonel Drake tidak pernah ada.
---
Asal kata KOLONEL ini dari pertengahan abad ke 16, ubahan kata dari bahasa Italia "Colon-nella" yang diambil oleh Perancis menjadi "Coronel", arti harafiahnya kolom. bahasa Perancis sekarang katanya sudah tidak menggunakan kata Coronel lagi untuk merujuk kepada Kolom. Kalau anda masih sempat melihat drumband AKABRI, beberapa punggawanya menggunakan celana dengan strip atau kolom disampingnya. Terkesan mewah dan meriah. Dan memang jaman dulu celana atau baju dengan strip
dan rumbai-rumai (obar-abir) adalah trend pakaian orang Dugem. Jadi orang dengan gelar pemberian Kolonel biasanya golongan Selebriti.

Mimbar Seputro
0811806549
Jakarta, Thursday, July 24, 2003



mimbar@geoprolog.co.id

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com