March 02, 2006

Kolonel Saunders

Date: Sun Nov 7, 1999 6:42 am

Sejak masuk minyak 1971, saya mulai dicekoki dogma, bahwa minyak di dunia ditemukan dengan mengalirnya sumur minyak oleh Kolonel Drake, wah saya pikir ternyata militer juga berbisnis di Amrik. Sekalian masih ingat juga pak guru budi pekerti di SD mengajarkan, kalau makan pakai sendok dan garpu adalah cara makan berbudaya (Civilised), yang "cekoh" pakai tangan itu orang desa, marjinal.

Dunia makin maju, tatkala Kolonel Saunders memperkenalkan Ayam Goreng Kentucky, maka makan dengan driji malahan dianggap berbudaya, malahan kalau bisa menjilati butir nasi terakhir di telunjuk, "its finger liking good" - Apalagi waktu menyuap dagingnya masih panas, nasinya masih panas, sambelnya pedes, maka menikmatinya sambil mengunyah sambil meniup. Katanya itu seni.

Sebaliknya yang makan KFC pakai sendok-garpu jadi kampungan. Apa tentara Amrik makan pake driji ? padahal Kolonel Saunder ternyata bukan Tentara maupun Babinsa.

Kelihatannya artikel dibawah ini menggambarkan, Korsik (korp musik) ini umumnya diseragamnya dihiasi garis putih vertikal, sehingga diistilahkan sebagai "compagna colonella", grup dengan seragam bergaris-garis putih, disisinya.

Kumendan grup ini disebut "colonella", yang sekarang turun jadi "mayor"ette.

Orang Perancis menyebutnya sebagai "coronel" dan akhirnya Kolonel di Indonesia ini.

Jadi pernyataan Kolonel lebih diaksudkan sebagai "Chief" atau Boss.

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com