Sebuah catatan memasuki usia LANSIA. Ada yang bilang untuk memelihara binatang seperti anjing, kucing atau burung, maksudnya muncul rasa persahabatan dan saling membutuhkan. Saya menyikapi hidup dengan dengan tetap bekerja sambil memelihara pena. Perawatannya mudah, sering diajak jalan-jalan, putar pikiran. Saya merasa sebagai penulis sebab selalu ingin menulis setiap hari.

March 08, 2006

Kol Sanders kok tuwiiir

Jakarta, Thursday, February 06, 2003

Bagi anak-anak, tokoh rekaan maupun tokoh real selalu diharapkan sebagai sosok yang muda usia, dan wajah ramah. Maka akan sangat mengherankan ketika ikon makanan yang dikecam "junk food" tetapi sangat digemari tua muda seperti KFC -nya kolonel (bukan Militer yang berbisnis lho) Sanders ternyata menampilkan sosok yang lanjut usia.

Tadinya saya beranggapan, dengan wajah yang "teduh" membuat pengunjung menjadi betah seakan Sanders ada disekitar mereka. Persoalan menjadi lain, justru ketika pada suatu kesempatan saya di "palak" keponakan (5)ke KFC lantas muncul pertanyaan "Pakde kok Gambar (Sanders) sudah tua?"

Kafi Kurnia, pakar bisnis, menulis bahwa Harland D. Sanders sudah mulai berwiraswasta pada usia yang amat belia, 6 tahun. Pada tahun 1896, sang ayah telah meninggalkannya sehingga praktis pekerjaan rumah diambil alih oleh bocah kecil ini, sementara ibunya bekerja untuk menghidupi mereka sekeluarga. Tuntutan hidup yang keras telah menempa bocah Sanders pada usia 8 tahun menguasai hampir seluruh jenis masakan Amerika. Hidupnya jatuh bangun meniti karier sebagai tentara, kondektur, petugas kereta api, agen asuransi, salesman ban.

Ketika bekerja sebagai operator sebuah Pompa Bensin, Sanders seringkali mengajak para traveler untuk makan malam bersama Sanders dan keluarganya. Kebaikannya ini membalik penghidupannya dengan kemampuannya membeli sebuah motel diseberang jalan pangkalan bensinnya. Motel tadi disulap menjadi Restoran.

Tahun 1939, Sanders mulai memanfaatkan Presto sehingga mempersingkat waktu tanak ayam gorengnya. Dengan beberapa resep bumbu masakannya, maka sisa dari ceritanya adalah "success story"

Gelar Kolonel sendiri adalah pemberian dari Gubernur Kentucky atas jasanya terhadap resep masakan yang membuat nama Kentucky dikenal diseantero jagat.

Dalam suatu Talk Show TV di Colorado, ia hanya mengenakan jas sederhana yang dikenal sebagai Palm Beach Suit, dengan warna putih. Sejak itu Sanders selalu menggunakan stelan jas yang sama dalam setiap kesempatan mempromosikan ayam gorengnya. Usianya sudah cukup lanjut (74) ketika ia meraih sukses.

Itulah sebabnya foto yang terpampang di restoran KFC adalah foto "OPA" yang ramah.

Di Grogol, ada GFC (Grogol Fred Ciken) dan tulisan ini bukan salah ketik....

Tidak ada gambar Kol Sanders, kecuali wajah penjualnya yang kalau tersenyum pakai gigi emas.

Siapa tahu, anda di "pajek" anak dan keponakan lalu ada yang "crigis" tanya soal umur Kol Sanders. Paling tidak nggak gelagepan seperti saya.

No comments:

Blog Archive

Mimbar Saputro as Pakde Blangkon

My photo
Anak tangsi Brimob yang menulis blogger. Bekerja sebagai MudLogger "tukang ambil conto batuan" di rig-rig pengeboran, Indonesia, Papua Niugini, Muay Tai, Philippine, Pakistan, Australia. Sekolah: SD 43 Kertapati, SMP 3 Lampung, SMA2 Lampung, UPN Yogya(tak selesai), UNPAD (tak selesai). Kontributor jurnal publik wikimu.com